Walaupun Terlihat Sepele, Tapi Kesalahan Ini Bisa Mempengaruhi Bentuk Payudara Lho! 

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

09 January 2021

Share artikel ini:

Girls, kamu termasuk tipe yang malas coba bra sebelum beli gak? Ribetnya harus nyoba satu persatu bikin kebanyakan perempuan hanya kira-kira aja menentukan bra yang cocok untuk tubuhnya. Padahal, malas mencoba bra sebelum membeli bisa membuat kita salah memilih ukuran bra yang pas, dan nantinya bisa mempengaruhi postur dan bentuk payudara kita, lho. Duh, gak mau banget kan, Girls? Untuk itu, kita lihat yuk apa aja sih kesalahan yang sering terjadi saat memilih bra!
 

1. Menggunakan Size yang Sama Bertahun-tahun

Kamu pakai size yang sama selama berapa tahun? 3 tahun? 4 tahun? Atau bahkan 5 tahun? No no no~ Bra gak didesain untuk dipakai selama itu, Girls. Walaupun size tersebut udah nyaman banget kamu pakai, tapi bisa jadi ukuran tubuh dan bra kamu mengalami perubahan. Jadi selalu rutin cek ukuran bra dan shopping bra baru minimal 1-2 tahun sekali ya, Girls! 
 

2. Cuman Fokus Ke Lingkar Dada, Gak Memperhatikan Ukuran Cup

Selain selalu pakai ukuran yang sama untuk jangka waktu yang terlalu lama, masih banyak juga lho di antara kita yang kurang paham menentukan ukuran bra yang tepat untuk diri sendiri. Kebanyakan orang saat memilih bra hanya memperhatikan lingkar bawah dada saja, dan gak memperdulikan ukuran cup. Padahal, dalam menentukan ukuran bra itu terdapat dua hal yang wajib kamu perhatikan, yaitu lingkar bawah dada (dengan ukuran 28 sampai 44) dan cup (dengan ukuran A sampai D). Keduanya sama-sama penting supaya kamu selalu nyaman dan bentuk payudara terjaga secara optimal. 

Untuk mengukur lingkar bawah dada, kamu bisa mencoba untuk memasukkan dua jari di tengah-tengah bra saat mencoba di store. Jika bisa masuk, berarti ukuran tersebut sudah cocok dengan lingkar dada bawah kamu. Namun, gimana dengan ukuran cup bra? No worries, Girls! Cukup ikuti step-step berikut ini:

 

Step 1: Ukur lingkar dada dengan lingkari pita jahit menglilingi dada yang tepat berada di bawah payudara kamu. Hasil pengukuran ini menentukan ukuran lingkar dari bra kamu,

Ukuran lingkar dada (cm) = Ukuran lingkar bra

70cm = Ukuran 32

75cm = Ukuran 34

80cm = Ukuran 36

85cm = Ukuran 38

90cm = Ukuran 40

Step 2: Ukur lingkar payudara dengan melingkari pita jahit mengelilingi tubuh dengan puncaknya di area payudara yang paling penuh.

Step 3: Untuk mengetahui ukuran cup bra, kamu tinggal mencari selisih ukuran lingkar payudara dengan lingkar dada. Selisih ukuran lingkar payudara dengan lingkar dada = Ukuran cup bra

± 10cm = Cup A

± 13cm = Cup B

± 15cm = Cup C

± 18cm = Cup D

Misalnya: lingkar payudara 95cm - lingkar dada 80cm = ukuran cup 15cm, yaitu cup C. Jadi ukuran bra-nya adalah 36C.

 

Nah selain mengetahui detail ukuran, kamu bisa juga mencoba langsung agar lebih pas dan nyaman, dengan memperhatikan beberapa hal, seperti payudara harus mengisi dengan pas, gak boleh ada lipatan yang bikin sesak, dan jangan sampai posisi payudara kamu seperti mau tumpah ke luar atau terdapat ruang kosong pada cup. 

 

3. Gak Memperhatikan Material Bra

Material atau bahan untuk bra juga sangat penting untuk tubuh kita, Girls! Karena tanpa disadari, beda aktivitas, beda juga material bra yang kita butuhkan. Bra dengan bahan lace atau satin memang terlihat mewah dan feminim, tapi bahan ini cenderung tidak menyerap keringat dengan baik, sehingga kurang nyaman digunakan untuk sehari-hari dan lebih cocok untuk momen tertentu saja. T-shirt bra dengan material katun bisa jadi andalan kamu untuk lebih nyaman beraktivitas. Lain halnya ketika berolahraga, sport bra dari bahan katun sebaiknya kamu hindari karena terasa berat ketika menyerap keringat yang banyak. Pilihlah sport bra dari bahan-bahan yang airy dan ringan seperti nylon, spandex, dan polyester supaya lebih mudah menyerap keringat, mampu menopang payudara dan mempermudah kamu bergerak selama olahraga.
 

4. Ukuran Tali Bra yang Gak Sesuai

Untuk menghindari rasa sesak, biasanya kita lebih memilih ukuran tali bra yang longgar, setuju gak, Girls? Tapi ternyata, menggunakan ukuran tali bra yang terlalu longgar membuat bra tidak mampu menyanggah payudara dengan benar. Hal ini bukan hanya bikin gak nyaman, tapi juga bisa berdampak pada bentuk payudara. Gak cuma itu, tali bra yang terlalu ketat menempel atau menekan bahu kita juga gak baik karena dapat menyebabkan sakit punggung. Jadi sebaiknya, pilih tali bra yang sesuai dan bisa diatur sesuai dengan ukuran tubuh kamu, tidak terlalu ketat dan juga tidak terlalu longgar. Jika dirasa tali bra sudah berkurang elastisitasnya, kamu sebaiknya langsung menggantinya dengan yang baru ya, Girls!

 

Nah gimana, Girls? Kamu sudah memilih bra yang tepat untuk tubuh kamu belum? Walaupun kesalahan-kesalahan yang sudah dijelaskan tadi terlihat simpel, tapi hal ini wajib diperhatikan untuk kesehatan payudara dan kenyamanan kita saat beraktivitas, Girls. Semoga bermanfaat ya.

 

Sumber: 

https://www.beautynesia.id/berita-food/5-kesalahan-yang-sering-dilakukan-wanita-saat-memilih-bra/b-121329 

https://editorial.femaledaily.com/blog/2020/04/15/kesalahan-memilih-bra-yang-perlu-kamu-ketahui/ 

https://www.suara.com/lifestyle/2016/11/23/175133/lima-kesalahan-perempuan-saat-memilih-bra 

https://www.sehatq.com/artikel/penting-ini-cara-mengetahui-ukuran-bra-yang-pas-untuk-anda

https://ultravoucher.co.id/10-jenis-bentuk-dan-fungsi-bra-yang-wajib-wanita-ketahui/neneavri/

Other Articles