10 Menit Sehari Untuk Hidup Lebih Sehat

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

23 January 2019

Share artikel ini:

New year, new me! Yup, Healthy Women, pergantian tahun memang identik dengan munculnya beragam resolusi untuk jadi pribadi yang lebih baik. Biasanya, buat para wanita nih, menurunkan berat badan dan menjalankan pola hidup sehat adalah ranking teratas dari list resolusi mereka. Nah, buat kamu yang juga menjadikan hal tersebut sebagai resolusi di awal tahun 2019 ini, yuk wujudkan agar tak hanya sekadar menjadi wacana! 
Nyatanya, tak sulit untuk meraih "body goals" dan menjalani pola hidup sehat lho, Healthy Women. Kamu hanya perlu meluangkan 10 menit dari waktumu setiap harinya untuk mewujudkannya. Tak percaya? Nih, simak 4 tips menuju hidup lebih sehat dan bugar hanya dengan 10 menit setiap harinya. 


1. Buat Sarapan Bergizi 

Kesibukan di pagi hari memang membuatmu kerap melewatkan sarapan. Padahal, apa yang kamu makan di pagi hari itu penting untuk pembentukan energi sepanjang hari dan membantu menjaga berat badan sehat dengan menahan keinginan untuk makan berlebihan nantinya. Makannya, wajib bagi para Healthy Women untuk memerhatikan nutrisi pada menu sarapanmu. 
Ciptakan pola makan seimbang dengan kombinasi karbohidrat, protein, dan lemak dalam satu asupan dan menentukan ukuran porsi untuk kebutuhan kalori harian. Cukup luangkan waktu selama 10 menit dan voila.. you're on your way to be healthier you! Berikut beberapa ide menu sarapan sehat buat kamu ikuti: 
Roti bakar dengan irisan salmon asap dan alpukat 
Dark chocolate shake 
Blueberry Pie Oatmeal 
Sandwich dari roti gandum rendah kalori 


2. Olahraga HIIT 

Kamu pastinya sudah tahu kalau olahraga bisa membuat tubuh lebih sehat. Namun, kendala waktu masih sering menjadi alasan utama bagi kebanyakan orang yang akhirnya mangkir berolahraga. Padahal, hanya dengan menyisihkan sedikit waktu dan rutin menjalaninya, kamu bisa mendapatkan manfaatnya juga lho. 
Yup, cukup sisihkan setidaknya 10 menit di pagi hari untuk melakukan olahraga High Intensity Interval Training. Hasilnya? Metabolisme tubuh terjaga, yang artinya kamu bisa lebih cepat membakar lemak. Tubuh berenergi, dan pikiran pun jadi lebih fresh. Tenang saja, kamu tak perlu repot pergi ke gym, kok. Olahraga simpel berikut bisa dilakukan di manapun berada, temasuk di rumah, lho! Simak caranya berikut. 
3 menit jalan cepat di tempat 
2 menit lompat tali 
2 menit jumping jacks 
1 menit squat 
1 menit push up 
1 menit plank 


3. Stretching 

Merasa olahraga HIIT tidak cocok dengan kamu? Tidak usah khawatir, masih ada cara lain untuk lebih sehat dalam waktu 10 menit. Kali ini, dengan melakukan stretching. Melakukan beberapa gerakan olahraga ringan, seperti stretching ternyata punya berbagai manfaat yang tak kalah baik untuk tubuh lho. Mulai dari membantu memperlancar peredaran darah, menjaga kelenturan dan kekuatan otot serta sendi, hingga mencegah cedera saat berolahraga. 
Hal yang paling menyenangkan dari stretching adalah kamu bisa melakukannya di atas tempat tidur saat baru bangun tidur. Karena, stretching di pagi hari dapat meningkatkan aliran darah ke otot sehingga kamu merasa lebih segar dan bersemangat. Coba saja gerakan stretching yang ada di bawah ini: 
Soft Side Stretch 
Side Sweep 
Forward Crawl and Side Sway 
Hip Lift 
Opposite Toe Reach and Roll 


4. Meditasi 

Tahukah, Healthy Women? Meditasi memiliki segudang manfaat bagi kesehatan fisik dan mental kamu lho. Seperti saat mengalami kecemasan dan stres, meditasi jadi salah satu cara mudah untuk mengatasinya. Selain itu, melalui meditasi juga bisa membantu meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, hingga memperkuat daya ingat. 
Sebagai pemula, kamu bahkan cukup melakukan meditasi selama 3 hingga 4 menit setiap sesinya. Jika sudah terbiasa, tingkatkan secara perlahan hingga 10 menit seiring dengan perkembangan latihan meditasi yang kamu lakukan. Waktu ini tentunya nggak bakal ganggu aktivitas kamu lainnya, bukan? Pastinya, usai melakukan meditasi, tubuh dan pikiran akan terasa lebih fresh, Healthy Women! 


Untuk bisa wujudkan resolusi yang sudah kamu buat memang membutuhkan komitmen, Healthy Women! Agar semua prosesnya bisa berjalan sesuai rencana, kamu tak perlu langsung tancap gas, melainkan lakukan dari hal kecil dan bertahap. Seperti beberapa tips simpel di atas adalah contoh usaha kecil yang bisa kamu lakukan namun dengan manfaat yang tak kalah besarnya. So, are you ready to be the new you? 

Other Articles