Bolehkah Berenang Saat Haid? Ini Penjelasannya!

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

21 January 2022

Share artikel ini:

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Weekend ini sudah ada rencana untuk pergi berenang bersama teman-teman? Mendekati hari H, tiba-tiba menstruasi hari pertama. Hmm.. momen kayak gini memang bikin
bete ya girls! Eh tapi boleh nggak ya berenang saat menstruasi?

Dikutip dari Insider, ketika kita mencoba tetap berenang saat menstruasi tanpa menggunakan  pembalut, darah yang keluar akan berkurang atau melambat. Hal ini disebabkan karena secara ilmiah, gravitasi yang menyebabkan aliran darah keluar dari rahim ke vagina.

Namun karena adanya tekanan air saat berenang, aliran darah yang keluar dari tubuh kita jadi melambat. Tapi ingat, gerakan seperti batuk, bersin, atau tertawa tetap bisa mendorong darah untuk keluar.

Dengan kata lain, kalau kamu memutuskan untuk tetap berenang saat menstruasi, kamu membutuhkan perlindungan yang sempurna untuk mencegah kebocoran. Hanya karena menstruasi tidak seaktif saat kita tidak di dalam air, bukan berarti darah tidak keluar sepenuhnya. Karena ketika kita sering keluar-masuk air, darah akan tetap keluar secara normal.


Photo by Kelly L from Pexels

Ada juga nih mitos yang berhubungan dengan berenang di laut saat menstruasi. Kamu pernah dengar kalau berenang di laut ”hati-hati, bisa dimangsa hiu”? Ternyata itu tidak benar lho! Kamu tidak perlu takut, karena faktanya hiu tidak tertarik dengan darah haid karena merupakan darah lama. Hiu baru tertarik, jika kamu mengeluarkan darah segar.
 
Berenang Bisa Mengurangi PMS
Sama seperti bentuk olahraga fisik lainnya, berenang ternyata juga dapat mengurangi gejala premenstrual syndrome (PMS). Penelitian dari jurnal Archives of Gynecology and Obstetrics menyebutkan dapat mengurangi gejala fisik dan psikologis pada mereka yang mengalami PMS. Apalagi kalau berenang adalah hobi kamu, berenang dapat kamu lakukan sebelum atau saat menstruasi untuk melepaskan stress.


Photo by Engin Akyurt from Pexels

Sebelum Berenang, Perhatikan Ini!
Berenang saat menstruasi memang tidak ada salahnya girls, tapi kamu perlu memperhatikan beberapa hal seperti kebersihan kolam renang yang notabene dipakai oleh banyak orang. Darah haid memiliki sifat basa dan mengubah pH vagina, dan juga pH air di kolam renang. Ini memudahkan bakteri berkumpul dan menginfeksi vagina jika tidak bersih.
 
Maka dari itu, disarankan untuk kamu pergi berenang saat di hari-hari terakhir saja. Karena saat hari terakhir, aliran darah sudah sedikit. Kamu jadi bisa bergerak bebas tanpa perlu khawatir deh!
 
Tapi, kalau kamu tetap memilih berenang saat tengah masa menstruasi, kamu boleh memilih baju renang khusus untuk menstruasi. Jenis baju renang ini diciptakan untuk menampung serta menahan darah yang keluar atau menahan pembalut agar tidak bergeser.
 
Jadi, tidak ada larangan untuk berenang saat menstruasi ya girls! Selama memperhatikan aspek kebersihan diri dan kolam renang, berenang tetap boleh kamu lakukan. 
 
Kalau kamu sendiri tim berenang saat menstruasi atau menunggu masa menstruasi selesai baru berenang nih? Yuk, bagikan cerita kamu ke Instagram @womenhealthypedia!
 

Other Articles