Vagina Itu Hebat, Bisa Membersihkan Diri Sendiri!

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

04 August 2022

Share artikel ini:

Foto: Shutterstock

Girls, menjaga kebersihan vagina itu penting, agar mencegah munculnya berbagai masalah kesehatan pada area intim kita, misalnya infeksi vagina. Tapi tahukah kamu kalau vagina mampu membersihkan diri sendiri dengan sangat baik. 
Simak penjelasannya yuk!


Vagina bisa membersihkan diri sendiri
Keputihan memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan serta kebersihan vagina. Keputihan berasal dari cairan dinding vagina yang dihasilkan 1-4 ml tiap 24 jam. Keputihan normal umumnya berwarna putih, nggak berbau dan nggak menyebabkan nyeri serta gatal. Keputihan normal ini membawa keluar bakteri dalam tubuh dan lainnya yang mungkin tersangkut di vagina. 


Foto: Shutterstock
Vagina juga memiliki bakteri normal dari lactobacillus yang memproduksi asam laktat, dengan tujuan untuk mempertahankan dari bakteri yang nggak normal melalui mekanisme kompetisi. Bakteri normal menekan pertumbuhan bakteri nggak normal agar nggak tumbuh dan berkembang sehingga menimbulkan infeksi. 
Dengan kata lain vagina mampu mempertahankan kebersihannya sendiri, namun penting juga untuk kita menjaga kebersihan bagian vagina luar.


Menjaga kebersihan bagian vagina luar
Girls, bagian luar vagina perlu kamu rawat dan bersihkan supaya nggak terjadi infeksi. Terutama setelah buang air kecil ataupun BAB. Bagian luar yang harus dibersihkan adalah bagian vulva, labia mayora (bibir vagina luar) dan minora (bibir vagina dalam).
Walaupun infeksi yang bisa terjadi nggak semua menyebabkan gangguan kesehatan serius, tapi kamu tetap nggak boleh mengabaikannya ya. Karena bagian luar vagina rentan iritasi yang menyebabkan rasa nggak nyaman seperti gatal.
Membersihkan vagian bagian luar juga nggak boleh sembarangan ya Girls! Berikut beberapa aturan membersihkan bagian vagina luar:
1. Nggak menggunakan douching
Sebaiknya kamu nggak menggunakan produk douching yang mengandung pewangi dan antiseptik yang berbahaya, nggak hanya untuk bagian dalam vagina tetapi juga bagian luarnya karena dapat mengganggu keseimbangan pH bagian vagina luar. Sehingga bisa menyebabkan gatal dan bau nggak sedap.
2. Membersihkan rutin namun nggak terlalu sering
Bagian vagina luar juga dapat kehilangan kelembapan alami jika terlalu sering mencucinya. Kamu bisa membersihkan sehari sekali dengan air mengalir gerakan dari depan ke belakang.
Kamu juga perlu membersihkan area vagina luar setelah berolahraga agar menghindari cairan vagina yang menumpuk.
3. Menjaga vagina tetap kering
Jangan lupa untuk selalu mengeringkan bagian vagina luar, agar selalu dalam keadaan bersih dan kering. Kamu juga bisa menggunakan pantyliner, yang memiliki manfaat untuk menyerap keringat dan cairan vagina supaya nggak lembab. Pilih pantyliners dengan kandungan antiseptik alami, seperti Softex Pantyliner Daun Sirih. Kandungan daun sirih alaminya hambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. 
Jadi kamu bisa bebas worry beraktivitas di luar, karena Softex Pantyliner Daun Sirih menjaga bagian vagina luar kamu tetap kering. Perlu diperhatikan untuk mengganti pantyliner 3 jam sekali agar kebersihan dan sirkulasi udara di area organ intim tetap baik Girls! 


Foto: womenhealthypedia.com


Girls, punya pertanyaan atau mau share pengalaman seputar menstruasi? Yuk langsung DM kita di IG @womenhealthypedia, nanti kita bahas bareng ahlinya dr. Bram Sp.OG.

 

 

 

 

 

Other Articles