Pakai Masker kok Bikin Jerawatan?

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

28 September 2020

Share artikel ini:

Girls! Tau kan kalau masker itu wajib hukumnya dipakai pada saat ke luar rumah? Tapi, kalian juga tau ga kalau terus-menerus pakai masker bisa menyebabkan jerawat dan iritasi kulit wajah? Kenapa ya, kira-kira? Yuk, kita cari tau penyebabnya, Girls!

 

Minimnya sirkulasi udara ke wajah

Bagi kamu yang punya tipe kulit acne-prone, memang sangat rentan berjerawat setelah menggunakan masker. Ini terjadi karena bakteri di kulit wajah terperangkap ke dalam masker, dan ketika menggunakan masker, sirkulasi napas dan keringat yang menumpuk di sekitar masker dapat memicu kelembapan dan inilah yang menyebabkan pori-pori tersumbat dan menimbulkan jerawat. Selain itu, tekstur masker rentan mengiritasi kulit, terutama bagi pemilik kulit sensitif.

 

Gimana sih, supaya ga jerawatan?

Sebaiknya selalu pilih produk perawatan wajah noncomedogenic karena formulanya yang tidak menyumbat pori. Jangan lupa juga, Girls, cuci wajah setelah menggunakan masker dan sebelum tidur…ini ga boleh skip! Sesaat sebelum ke luar rumah, jangan lupa pakai sunscreen untuk mencegah perubahan pigmen pemicu bekas jerawat setelah kulit wajah meradang. Hindari juga paparan sinar matahari berlebihan ya, Girls. Yang ga kalah penting, hindari asupan tinggi gula dan mengandung indeks glikemik tinggi karena dapat memicu timbulnya jerawat.

 

Terus, kalau udah jerawatan gimana??

Nah, Girls…karena ahli dermatologi menyebutkan bahwa penggunaan obat jerawat saat mengenakan masker penutup hidung dan mulut justru rentan menimbulkan iritasi yang lebih parah. Jadi, sebaiknya begitu muncul jerawat, kamu kompres dengan bahan-bahan alami seperti salah satunya madu. Cuci muka dengan sabun yang lembut, dan jangan lupa untuk ganti masker setiap 4 jam sekali. Makanya jangan sampai ketinggalan masker cadangan, ya!

Tapi ingat ya, Girls. Mencegah itu lebih baik!

Other Articles