Arti Letak Jerawat di Wajah

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

16 October 2019

Share artikel ini:

Jerawat merupakan masalah kulit yang dialami banyak orang, munculnya jerawat sering kali membuat tidak percaya diri. Berbagai produk diciptakan untuk mencegah dan mengobati masalah kulit satu ini. Healthy women, tahukah kamu, jerawat bukan hanya disebabkan oleh kurang bersihnya muka atau produk skincare yang kurang cocok? Berdasarkan letaknya, jerawat bisa menjadi tanda bahwa sebenarnya tubuh kamu sedang dalam keadaan kurang sehat lho. Yuk, simak penjelasan berikut ini!

1. Jerawat di sekitar garis rambut dan dahi

Jerawat yang tumbuh di sekitar garis rambut dapat menandakan produk Shampoo yang kamu gunakan tidak cocok dengan jenis kulit kepalamu. Namun, jika kamu cukup sering mengalami masalah jerawat di garis rabut dan dahi, mungkin kamu memiliki masalah sistem pencernaan. Nah, solusi bagi kamu yang mengalami masalah ini adalah mengurangi konsumsi junk food yang mengandung lemak dan lebih rajin mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Selain itu, jaga juga kebersihan makanan kamu ya, Healthy Women. Biasakan mengunyah makanan dengan benar, banyak minum air putih, kurangi minuman bersoda, jaga kebersihan kulit di area dahi. Usahakan untuk tidak menggunakan poni terlebih dahulu hingga masalah jerawat kamu diobati. Jika kamu masih ingin menggunakan poni, pastikan untuk mencuci poni kamu setiap hari agar debu dan bakteri di dahi kamu tidak semakin menumpuk.

2. Jerawat di bawah mata

Jerawat juga dapat tumbuh di bawah mata lho Healthy Women. Jerawat di bawah mata bisa disebabkan oleh keadaan ginjal yang tidak sehat. Perbanyaklah konsumsi buah-buahan dan juga jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan wajah, terutama kalau kamu memakai makeup. Selain itu dehidrasi juga bisa menjadi salah satu penyebab kondisi ginjal kamu kurang baik. Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu penuhi kebutuhan air putih 2-3 Liter/hari ya Healthy Women!

3. Jerawat di pipi

Polusi udara yang kurang bersih berpengaruh pada sistem pernapasan dan bisa menjadi penyebab jerawat di pipi. Selain itu Handphone yang kotor dan sarung bantal yang jarang diganti akan menjadi tempat bakteri bersarang yang dapat memicu timbulnya jerawat di pipi. Oleh karena itu, bersihkan ponsel dengan tisu basah berantiseptik untuk menghilangkan bakteri dan ganti sarung bantal kamu minimal dua minggu sekali. Ketika berada di luar ruangan, gunakan masker untuk melindungi muka dan saluran pernapasan kamu dari polusi.

4. Jerawat di hidung

Selain komedo, masalah yang sering dijumpai di hidung adalah Jerawat. Munculnya jerawat di hidung bisa jadi salah satu tanda kalau jantungmu sedang dalam keadaan kurang sehat atau tekanan darahmu sedang tinggi. Selain itu periksalah apakah kamu sudah membersihkan sisa sisa make up kamu dengan bersih? Hidung memiliki pori-pori cukup besar yang menyebabkan daerah hidung sangat rentan tumbuh jerawat jika kulit dalam keadaan kotor. Hindari minum minuman berenergi, kurangi konsumsi garam berlebihan, makan lebih banyak buah dan sayur untuk dapat menjaga kesehatan & tekanan darahmu untuk mengurangi tumbuhnya jerawat di daerah hidung. Selain itu jangan malas untuk olahraga ya Healthy Women.

5. Jerawat di dagu dan leher

Jerawat yang muncul di area dagu dan rahang bisa menandakan bahwa hormon kamu sedang tidak seimbang, siklus menstruasi yang kurang baik, fisik yang kelelahan, dan stress. Solusi untuk menghilangkan jerawat di area ini cukup mudah, kamu hanya butuh istirahat yang cukup, hindari stress, serta rajin mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Terkadang jerawat yang muncul di dagu dan rahang bisa menandakan waktu menstruasi kamu akan segera datang, jadi harap bersiap-siap ya Healthy Women.

6. Jerawat di telinga

Jerawat yang tumbuh di telinga menandakan jika tubuhmu dehidrasi. Salah satu cara untuk menanganinya adalah dengan memperbanyak minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi dan ginjal tetap bersih. Kamu juga bisa mengkonsumsi buah dengan kandungan air yang banyak seperti semangka dan timunsecara berkala untuk menjaga tubuhmu dari dehidrasi.

Nah, Healthy Women sekarang kamu sudah tahu arti dari letak jerawat bisa menandakan kondisi kehatan kan?Walaupun tidak selalu menandakan penyakit serius, namun sekarang kamu sudah tahu bagimana cara mengatasinya! Semoga kamu bisa selalu menjaga kesehatan tubuh dan kulit kamu agar bisa terhindar dari jerawat ya Healthy Women!

 

Other Articles