Travelling Simple dengan Tips Berkemas Super Praktis!

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

04 March 2019

Share artikel ini:

Bepergian menggunakan koper kerap membuat kita berpikir bisa membawa barang sebanyak mungkin. Mungkin anggapan ini benar jika barang yang dibawa dapat ditata dengan rapi. Agar berkemas menggunakan koper menjadi lebih praktis dan rapi, ada beberapa teknik yang bisa dicoba. Selain menjadi rapi, penggunaan teknik berkemas yang tepat akan mempermudah Healthy Women ketika harus mengambil sesuatu dalam koper. Penasaran teknik apa saja yang membuat berkemas menjadi praktis?

  • Melipat

Sumber foto: Pexels.com/Tookapic


Teknik melipat ini menjadi teknik yang umum dilakukan ketika berkemas. Bukan hanya berkemas di koper, melainkan juga di lemari. Masing-masing pakaian yang hendak dibawa dilipat dan ditata dengan rapi. Namun kelemahan teknik ini akan menciptakan ruang sisa jika masing-masing pakaian memiliki beragam ukuran.
Untuk mengakalinya, Healthy Women bisa melakukan teknik melipat baju dalam baju. Misalnya, melipat seluruh pakaian untuk hari pertama dalam satu lipatan. Jumlah lipatan disesuaikan dengan jumlah hari bepergian.

 

  • Sistem paket

Sumber foto: instagram.com/thehappyspacecompany


Teknik ini hampir sama dengan melipat. Hanya saja volume-nya yang lebih besar. Sistem pengemasan paket ini agak berbeda dari teknik melipat yang memisah lipatan sesuai berapa lama bepergian. Sementara sistem paket ini, melipat semua pakaian dan menatanya secara rapi di koper kemudian dibungkus dengan pakaian yang paling kusut. Fungsinya adalah menjaga pakaian yang ada di dalamnya tidak ikut kusut.

 

  • Menggulung

Sumber foto: instagram.com/soraboraworl


Selain dilipat, teknik menggulung pakaian juga menjadi favorit ketika mengemas pakaian dalam koper. Teknik ini akan menciptakan lebih banyak ruang daripada melipat. Masing-masing pakaian digulung sekecil mungkin agar tidak terlalu memakan banyak ruang di dalam koper. Setelah itu, gulungan pakaian ditumpuk dengan rapi.
Teknik inipun memungkinkan Healthy Women membawa banyak pakaian. Sementara, barang lain bisa diletakkan berdampingan tanpa mengganggu tumpukan gulungan pakaian. Sayangnya, teknik ini bisa membuat pakaian berkerut. Sehingga Healthy Women harus menyetrika kembali ketika di hotel.

 

  • Memvakum plastik pakaian

Berkemas dengan menggunakan teknik ini dapat dengan efektif menghemat ruang. Caranya, semua pakaian dimasukkan ke dalam satu kantung plastik. Lalu tata dengan rapi lembaran demi lembaran. Kemudian plastik dilipat atau ditutup, baru dikeluarkan udara yang ada di dalamnya dengan cara memvakumnya.
Teknik ini sebenarnya lebih berfungsi untuk pakaian besar, seperti mantel, jaket, selimut, atau pakaian dengan bahan berat lainnya. Karena bahan berat tersebut akan lebih banyak memakan tempat dalam koper jika menggunakan teknik lipatan atau digulung.

 

  • Pengemasan terpisah

Sumber foto: instagram.com/soraboraworld


Sekilas, pengemasan ini akan membuat tampilan koper ketika dibuka akan lebih rapi dan terorganisir. Teknik ini mengemas semua barang berdasarkan jenisnya. Dibutuhkan beberapa wadah seperti kotak dari kain untuk mengemas barang. Misalnya, mengemas atasan dalam satu wadah sendiri. Begitu pula halnya dengan celana, alat mandi, skincare, dan kosmetik.
Teknik ini bukan teknik yang tepat untuk menghemat ruang dalam koper. Namun teknik ini memungkinkan pakaian tetap rapi ketika tiba di tujuan. Sehingga Healthy Women tidak perlu menyetrika ulang pakaian yang hendak digunakan untuk liburan.
Jadi dengan tips dan trick packing di atas, segala barang bisa terbawa tanpa menjadikan koper overweight.

Other Articles