Jangan Sampai Terjebak, Ini Tanda Kamu Self Reward Berlebihan!

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

25 November 2021

Share artikel ini:

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Girls
, kamu pasti sering mendengar kata self reward kan? Self reward sendiri adalah bentuk penghargaan untuk diri sendiri atas kerja keras yang sudah dilalui selama ini. Nah, biasanya self reward bisa berupa materi seperti belanja, pergi liburan, menonton film favorit, atau sekedar me time. Self reward dinilai penting karena kita berhak untuk mendapatkan hadiah atau penghargaan karena telah menyelesaikan suatu hal. 

Self reward juga diyakini akan menambah mood kamu menjadi semakin positif dan termotivasi untuk bekerja keras lagi. Karena ketika kita menerima sesuatu yang menyenangkan, hormon dopamin yaitu hormon yang menimbulkan perasaan bahagia akan muncul. Namun kamu jangan sampai terjebak self reward yang berlebihan ya girls, karena self reward yang berlebihan ada dampak negatif seperti boros dan konsumtif. 

Nah, ini dia salah satu tanda kamu terjebak pada
self reward yang berlebihan!

Tidak Bisa Membedakan Mana Keinginan dan Kebutuhan


Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Self reward yang berlebihan dapat membuat kamu tidak bisa membedakan yang mana keinginan dan kebutuhan kamu. Secara definisi, keinginan adalah perasaan untuk memiliki sesuatu, sedangkan kebutuhan adalah sesuatu yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup. Ketika kamu memaksakan diri untuk membeli barang-barang demi self reward tapi kondisi keuanganmu sedang tiris, berarti kamu sudah terjebak nih.
 
Tidak jarang orang-orang memberikan self reward tapi berujung pada pemborosan atau sikap konsumtif. Coba kamu pikirkan bentuk-bentuk self reward kamu selama ini dan berapa uang yang harus kamu keluarkan. Pengeluaran untuk self reward atau keinginan, jangan sampai melebihi budget bulanan kamu atau bahkan mengorbankan kebutuhan kamu. Jangan sampai kamu kecolongan ya, girls!

Sebelum Self Reward, Self Control Dulu Yuk!


Photo by olia danilevich from Pexels


Memiliki self control itu penting banget lho. Self control adalah bagian dari manajemen diri untuk lebih disiplin dan bertanggung jawab atas tindakan yang kita lakukan. Kamu bisa memulainya dengan menaruh budget setiap bulannya untuk self reward. Misalnya, budget dapat kamu atur 5% dari pemasukan bulanan digunakan untuk membeli barang atau melakukan sesuatu yang kamu inginkan.
 
Selain melakukan budgeting untuk self reward, kamu bisa menggunakan sistem menabung untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan. Dengan menabung sebelum membeli barang yang diinginkan, kamu akan lebih menghargai barang dan waktu yang kamu gunakan untuk self reward. Selain itu, kamu juga akan menghargai uang yang kamu dapatkan dari bekerja keras agar digunakan untuk hal-hal yang memang kamu butuhkan.
 
Self reward memang penting untuk kamu dapatkan karena bisa memotivasi kamu untuk menggapai target, tapi jangan sampai berlebihan dan menjadi bumerang ke diri sendiri. Selalu pastikan bahwa self reward yang kamu dapatkan sesuai dengan kondisi finansial kamu dan jangan hanya mengikuti tren saja.

Girls, menurut kamu sendiri self reward itu penting nggak sih? Dan biasanya apa saja sih bentuk self reward kamu? Yuk, kasih jawaban kamu dan ikutan berdiskusi bersama teman-teman lainnya di Instagram @womenhealthypedia!

Other Articles