Genital Hair Waxing Aman Ga Sih?

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

06 November 2019

Share artikel ini:

Healthy Women, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah “Genital Hair Waxing” kan? Genital Hair Waxing atau yang biasa dikenal dengan Brazillian Waxing adalah kegiatan menghilangkan rambut pada daerah kewanitaan yang cukup sering dilakukan oleh beberapa wanita dengan alasan yang berbeda-beda. Pada era modern ini, hairlessness atau ketidakadaan rambut baik pada daerah kewanitaan maupun daerah lain justru dikatakan sebagai simbol femininitas. Rambut pada daerah kewanitaan dilihat sebagai hal yang kurang bersih sehingga beberapa orang akan melakukan berbagai cara untuk menghilangkan rambut-rambut tersebut. 

Nah, Healthy Women apakah kamu tahu fungsi dasar dari rambut kemaluan? Rambut kemaluan atau rambut pubis memiliki fungsi dasar sebagai pelindung mukokutan (lapisan kulit) awal terhadap bakteri maupun virus. Sehingga ketika rambut pubis dihilangkan, baik dengan waxing ataupun cara lain, dapat meningkatkan kemungkinan risiko terjangkitnya penyakit menular akibat hubungan seksual. Bahkan sebuah penelitian mengatakan bahwa terdapat hubungan antara penyakit kulit yang menular pada daerah kemaluan dengan kebiasaan brazillian waxing yang tidak hygienist

Permasalahan lain yang sering terjadi dengan brazillian waxingadalah infeksi. Folikulitis atau radang pada folikel rambut seringkali terjadi akibat brazillian waxing. Waxing dapat menimbulkan inflamasi yang dapat meningkatkan risiko infeksi. Maka  dari itu waxing harus dihindari terutama pada beberapa orang yang memiliki penyakit tertentu seperti eczema atau psoriasis, atau dengan defisiensi sistem imun. 

Setelah penjelasan diatas, dapat dikatakan bahwa sebenarnya waxing bukanlah hal yang diwajibkan Healthy Women. Namun bagi wanita yang sudah aktif secara seksual atau belum dapat melakukan waxing,  yang terpenting selalu pastikan hygieniesitas dan tempat yang terpercaya saat melakukan waxing. Waxing juga dapat dilakukan seminggu sebelum dan atau sesudah datang bulan (tidak disarankan untuk terlalu dekat dengan saat menstruasi). Setelah waxing folikel rambut akan tumbuh kembali dalam 4-8 minggu. Sehingga apabila diperlukan, waxing dapat dilakukan setiap  1-2 bulan sekali tergantung kebutuhannya.

So, setelah membaca artikel ini semoga kalian bisa lebih aware dan paham terhadap risiko brazillian waxingsebelum melakukannya ya Healthy Women. Semoga bermanfaat!

Other Articles