Timun Bikin Menstruasi Tersumbat? Masa Sih?

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

26 February 2021

Share artikel ini:

"Pas menstruasi jangan makan timun, nanti darahnya tersumbat lho!”

 

Hayo, siapa yang sering denger hal itu pas lagi menstruasi, Girls? Walaupun banyak yang percaya, ternyata larangan mengonsumsi timun saat menstruasi itu cuman mitos semata lho.

 

Timun yang kita konsumsi saat menstruasi sebenarnya langsung menuju ke saluran pencernaan, dan gak memiliki pengaruh pada tersumbatnya aliran darah menstruasi kita. Tersumbatnya darah menstruasi sebenarnya ditentukan oleh kontraksi dari rahim yang bergantung pada kadar estrogen dan progesteron, sedangkan timun juga gak memiliki pengaruh pada kadar hormon tersebut.

Malahan, timun justru memiliki banyak manfaat untuk kita lho, Girls, karena timun memiliki kandungan kalsium, vitamin K, kalium, magnesium dan serat yang dapat menjaga kesehatan tulang, tekanan darah serta pencernaan kita. Selain itu, timun juga mengandung kadar air yang tinggi sehingga sangat bagus untuk rehidrasi yang kita butuhi saat menstruasi nih. 

Namun, buat kamu yang memiliki riwayat lambung yang sensitif, harus lebih berhati-hati ya, Girls. Karena timun memiliki kandungan senyawa cucurbitacin yang dapat menyebabkan keluhan seperti bersendawa dan kembung untuk orang dengan riwayat tersebut, dan bisa menyebabkan lebih banyak ketidaknyamanan, khususnya, saat menstruasi.

 

Sebenarnya, sampai saat ini, belum ada penelitian ilmiah yang mengatakan bahwa gak boleh mengonsumsi timun saat menstruasi, Girls. So, larangan ini cuman mitos yaa.

 

Other Articles