4 Hal Ini Bikin Self-Love Jadi Lebih Mudah

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

17 February 2021

Share artikel ini:

Saat ini, siapa sih yang gak tau self-love?

Self-love adalah keadaan di mana kita dapat mencintai diri sendiri sama halnya seperti kita mencintai orang lain. Keadaan ini timbul dari tindakan yang dapat mempengaruhi pengembangan diri kita baik secara fisik ataupun psikologis. Self-love ini gak sama dengan egois ya, Girls! Self-love berarti kita dapa memenuhi kebutuhan diri sendiri tanpa mengorbankan kebahagiaan orang lain, sebagai contoh tindakan yang paling simpel dalam self-love ini adalah menerima kelebihan dan juga kekurangan diri sendiri.

Menerapkan self-love emang gak mudah, Girls! Namun kita bisa mulai membiasakan diri untuk lebih mencintai diri sendiri, dengan menerapkan 4 aspek ini:

 

1. Self-Awareness (Kesadaran Diri)

Sesuai dengan artinya, self-awareness adalah kesadaran kita terhadap diri kita sendiri, di mana kita harus bisa mengenal dan memahami karakter, seperti menerima kelemahan kita dengan selalu bersyukur dan berfikir positif, serta kelebihan yang kita miliki dengan selalu menyebarkan hal yang positif untuk orang lain. Dengan lebih mengenal diri sendiri, kita bisa lebih terarah dalam menentukan keinginan dan tujuan kita. Selain itu, kita juga akan lebih mudah untuk memahami kondisi emosi kita dan menentukan cara bersikap kepada orang lain, Girls.

 

2. Self-Worth (Harga Diri)

Langkah kedua untuk memulai self-love adalah dengan memahami self-worth. Self-worth adalah keyakinan yang dimiliki seseorang dalam mengenal dirinya sendiri dan menyadari bahwa kita berharga terlepas dari pencapaian atau kualitas yang dinilai orang lain. Dengan kata lain, kita akan tersadar bawah gak perlu lagi tuh mengikuti standar penilaian orang lain karena kita sudah mengetahui standar yang tepat untuk diri kita sendiri. Hal ini tentunya bisa membuat kita terlepas dari lingkungan yang toxic dan lebih didekatkan dengan orang-orang yang benar-benar mencintai kita.

 

3. Self-Esteem (Kepercayaan Diri)

Hampir sama dengan self-worth, self-esteem ini juga mempengaruhi rasa berharga. Namun yang membedakan ialah self-esteem lebih fokus dengan kualitas diri, atau dalam kata lain kita harus merasa puas, nyaman dan percaya dengan diri kita sendiri terlepas dari ketidaksempurnaan yang kita miliki. Dan ternyata, self-esteem ini sangat berkaitan dengan self-worth lho! Karena self-esteem yang baik, hadir dari self-worth yang baik. Seperti halnya, jika kita percaya bahwa diri kita pantas dan bisa melakukan banyak hal yang orang lain belum tentu bisa, pastinya akan membuat diri kita lebih percaya diri dan puas dengan diri kita sendiri, Girls!

 

4. Self-Care (Perawatan Diri)

Aspek yang terakhir adalah self-care, yaitu suatu tindakan yang dilakukan untuk menjaga kesehatan dirinya, baik secara fisik maupun psikologis. Jadi kamu harus mulai merawat diri dengan berolahraga, makan-makanan yang sehat dan membahagiakan diri kamu dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai seperti mendengarkan playlist kesukaanmu, movie marathon bareng orang-orang tersayang, atau sesekali kasih diri kamu self-reward dengan belanja barang-barang yang kamu sukai.

 

Itu tadi aspek-aspek yang bikin langkah untuk mulai self-love menjadi lebih mudah, Girls! Walaupun gak gampang, tapi setidaknya kita sudah mau berusaha untuk lebih mencintai, menghargai, dan membuat diri kita happy dengan cara kita sendiri. Yuk mulai lebih memahami dirimu, semoga bermanfaat!

 

Sumber:

https://www.popbela.com/relationship/single/andhina-effendi/arti-self-love-dan-cara-melakukannya

https://satupersen.net/blog/self-love-menghargai-diri-sendiri-kalau-bukan-kamu-siapa-lagi

https://psychology.binus.ac.id/2020/02/27/4-aspek-self-love/

http://yayasanpulih.org/2020/06/self-love-dan-aspek-aspeknya/

 

 

Other Articles