Tips Rambut Anti Lepek bagi Kamu para Hijabers

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

06 November 2019

Share artikel ini:

Memiliki rambut yang sehat dan berkilau merupakan dambaan semua wanita. Namun ada beberapa masalah yang tak dapat dihindari dari lembab dan panasnya cuaca di Indonesia, khusus nya bagi kamu para wanita berhijab. Ketika kulit kepala sudah terasa panas dan berkeringat, tentunya rambutmu akan cepat lepek dan pastinya akan mempengaruhi mood kamu menjadi jelek kan? Nah untuk mengatasi masalah ini, berikut beberapa tips merawat rambut agar tetap sehat saat udara sedang lembab Healthy Women!

1.Pilihlah produk perawatan rambut yang sesuai dengan masalah rambutmu 

Untuk mengatasi masalah rambut, kamu harus memahami terlebih dahulu permasalahan rambut apa yang sedang kamu hadapi, rambut rontok atau ketombe? Kedua permasalahan tersebut jelas membutuhkan perawatan yang berbeda, jadi pastikan kamu memilih Shampoo yang sesuai dengan permasalahan yang kamu hadapi ya Healthy Women. Bukan hanya rambut, kulit kepala juga membutuhkan nutrisi dan vitamin dari luar. Manjakan kulit kepalamu dengan deep-moisturiser menggunakan minyak rambut bervitamin minimal seminggu sekali. Untuk perawatan yang lebih maksimal, kamu juga bisa gunakan hair tonik setiap habis keramas agar akar rambut tetap kuat, wangi, dan tidak mudah rontok.

2. Pastikan rambutmu sudah kering sempurna sebelum memakai hijab

 

Salah satu cara mengatasi rambut lepek adalah dengan mencuci rambut dengan air hangat, karena air hangat lebih efektif mengangkat minyak yang berlebih. Lalu setelah keramas pastikan kamu mengeringkan rambut dengan sempurna sebelum menggunakan hijab ya Girls! Rambut yang lembab akan mengembangkan bakteri yang dapat menimbulkan bau tidak sedap,  gatal, dan tentunya membuat rambut menjadi lepek. Bila kamu sedang terburu-buru sebaiknya keringkan rambut dengan hairdryer. Namun, hindari penggunaan hairdryer setiap hari agar rambut tidak mudah rusak dan bercabang. Selain itu, jangan lupa untuk mencuci dalaman hijab atau ciput secara rutin karena ciput akan terkena keringat dan kotoran setelah dipakai. Pastikan kamu hanya menggunakan ciput maksimal 3 kali pemakaian ya Healthy Women!

3.Jangan mengikat rambut terlalu kuat

Jangan mengikat rambut terlalu kuat ya Healthy Women, karena mengikat rambut terlalu kuat dan ketat dapat menarik batang rambut hingga akarnya.  Mengikat terlalu kuat juga rentan membuat kepala menjadi pusing, rambut rapuh, dan mudah patah. Cobalah untuk mengubah ikatan rambutmu setiap harinya, misalkan jika minggu ini kamu mengikat rambut dengan model kuncir satu, minggu depannya kamu bisa mengikat cepol rambutmu atau mengepangnya agar ikatan tersebut tidak meninggalkan bekas pada rambut.

4.Pilihlah kain yang menyerap keringat

Wanita berhijab pastinya membutuhkan perawatan khusus dan intensif untuk merawat rambutnya. Saat menggunakan hijab, kepala akan menjadi lebih lembab karena kurangnya sirkulasi udara pada kulit kepala. So, gunakanlah bahan/kain hijab yang tepat Girls,karena tidak semua bahan hijab menggunakan material breathable yang bisa membuat rambut tidak dapat bernafas dan akhirnya menjadi lepek. Pilihlah bahan yang menyerap keringat seperti bahan katun dan kaos yang memiliki pori-pori agar dapat memperlancar sirkulasi udara di kepala. Hijab dengan warna yang lembut dan terang juga bisa memberikan efek sejuk lho, sehingga folikel rambut tidak terhambat. Selain itu hindari model hijab yang bertumpuk dan bahan kain nilon atau polyester untuk menghindari kulit kepala mudah berkeringat.

Healthy Woman sekarang kamu sudah tahu kan cara merawat rambutmu agar terbebas dari lepek? Nah bagi kamu yang mendambakan untuk tetap fresh all day di cuaca yang panas & lembab ini jangan lupa juga untuk selalu memakai Pantyliner Softex Daun Sirih Mint atau Pantyliner Softex Daun Sirih Green Tea ya, karena kandungan Mint dan Green Tea yang terdapat pada Pantyliner Softex Daun Sirih dapat membantu kamu untuk terbebas dari gerahnya Ibu Kota dan selalu fresh setiap saat. Semoga membantu ya Healthy Women!

 

Other Articles