Tidak Ganti Bra Tiap Hari, Apakah Aman?

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

16 June 2022

Share artikel ini:

Photo by Fahad Waseem on Unsplash
 

Girls, bra biasanya digunakan untuk menopang payudara saat beraktivitas supaya payudara tetap kencang dan mengesankan. Perlu kamu tau nih, ada beragam jenis bra lho, yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan aktivitas kamu.

Ngomong-ngomong soal bra, kamu tipe orang yang akan mengganti bra setiap hari sekali, atau pakai bra yang sama berulang kali? Sebenarnya, intensitas mengganti bra itu tergantung banyak faktor, termasuk aktivitas yang kamu jalani sehari-hari.

Habis Pakai Bra, Langsung Cuci atau Pakai Lagi?

Meskipun kegiatanmu mungkin hanya di sekitar area kantor ber-AC dan minim keringat, bukan berarti pakaianmu tidak kotor, lho girls! Semakin sering dipakai untuk beraktivitas, baiknya semakin sering juga diganti supaya nggak jadi bahaya untuk kesehatan kulitmu.

Memakai bra setiap hari, berarti lapisan kain pada bra akan menempel seharian di area kulit payudara, sekaligus menopang dan menyerap keringat di sekitarnya.

Jika tidak rutin dicuci, bra bisa jadi sarang bakteri dan kuman dari kumpulan noda, keringat dan minyak tersebut. Nantinya akumulasi sisa-sisa bakteri dan kuman pada bra, meski telah dicuci, berisiko menimbulkan gangguan kesehatan kulit seperti jerawat di punggung dan gatal-gatal.

Tapi jangan salah, mencuci bra terlalu sering sebenarnya juga berisiko bagi keawetan bra, lho girls! Bentuk cup bra lama-lama akan mengendur karena tekanan dan gesekan saat mencuci. Merendam dan mengeringkan bra terlalu sering juga membuat tali bra mudah melar.

 
Photo by Katherine Kromberg on Unsplash

 Berapa kali sebaiknya kita mengganti bra?

Girls pasti banyak yang berpikir untuk mengganti dan mencuci bra setiap hari. Tapi tahu nggak? Menurut Dokter kulit Alok Vij, MD, seperti dilansir dari laman Cleveland Clinic, bilang kalau bra baiknya dicuci setiap dua atau tiga kali setelah pemakaian.

"Anda bisa memakai bra yang sama dua hari berturut-turut, selama Anda melepasnya beberapa jam di antaranya untuk memungkinkan bra rileks," kata Vij.

Eits, meski bisa dipakai berulang, ada hal yang sebelumnya harus kamu lakukan supaya bra tetap aman dipakai lagi tanpa dicuci terlebih dulu ya girls.

Kamu bisa pakai bra yang sama hingga dua atau tiga kali, tapi kamu tidak boleh memakainya terus-terusan selama dua atau tiga hari tersebut. Berikan jeda waktu untuk melepas dan menjemur bra selama beberapa jam.

Akan tetapi, cara ini bergantung pada banyak faktor, salah satunya iklim sekitar dan aktivitas yang dilakukan saat kamu memakai bra tersebut. Kalau kamu melakukan aktivitas berat, apalagi di Indonesia yang beriklim tropis, sebaiknya pakai ulang bra hanya maksimal dua kali.

Apalagi jika bra sangat basah akibat keringat, tidak cukup hanya dijemur dan diangin-anginkan, seperti yang dikatakan dr. Karin Wiradarma, M. Gizi dilansir Klikdokter. Untuk bra bisa dipakai secara berulang tanpa dicuci, pastikan bra sudah tidak lembab bekas pemakaian sebelumnya.


Photo by ONNE Beauty on Unsplash

Tips Agar Bra Tetap Awet

Jadi, kamu lebih pilih ganti bra sehari sekali atau memakainya berulang? Masing-masing pilihan berisiko, ya. Mengganti dan mencuci bra sehari sekali berisiko merusak struktur bra, tapi memakai bra berulang tanpa mencucinya juga terasa tidak nyaman.

Nah, kamu bisa juga terapkan beberapa tips berikut supaya bra tetap tahan lama, dan nggak perlu terlalu khawatir saat mencuci bra:

1. Sebaiknya mencuci bra dengan tangan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tekanan dan gesekan di dalam mesin cuci berisiko mengurangi kepadatan struktur bra. Sebaiknya cuci perlahan dengan tangan.

2. Hindari memeras bra saat menjemur

Setelah mencuci bra, pastikan bra dijemur hingga benar-benar kering. Tapi, hindari memeras bra karena bentuk cup bra akan cepat berubah. Mesin pengering juga sebaiknya dihindari karena panasnya berisiko membuat tali bra cepat memuai dan mengendur.

3. Melepas dan menjemur bra saat tidur

Girls, siapa yang biasa melakukannya tiap tidur? Kebiasaan ini bisa membantu bra dan payudara kita “bernapas” dan mendapatkan sirkulasi udara segar, lho, dan mencegah bra cepat melar karena sering meregang saat kita pakai.

Psst.. tau nggak kalau selain bra, pembalut dan pantyliner juga harus diganti 3 jam sekali loh! Apalagi Softex Natural Cool punya varian isi 8 yang bisa kamu bawa kemana saja. Makin praktis, deh!

 

Punya pengalaman seputar gangguan di area kewanitaan yang bikin nggak nyaman beraktivitas? Share pengalamanmu dan cara mengatasinya di Instagram @womenhealthypedia yuk! Kita bahas bareng-bareng, ya šŸ˜Š






Other Articles