Mengenal Waithood, Fenomena Menunda Pernikahan di Kalangan Generasi Millennial

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

27 December 2021

Share artikel ini:

Photo by Jasmine Carter from Pexels

Menikah adalah momen yang paling ditunggu-tunggu setiap orang karena hanya sekali seumur hidup. Menikah sudah menjadi salah satu urutan perjalanan hidup seseorang dari sekolah, kuliah, kerja, lalu menikah. Nah berbicara soal romantisasi pernikahan, ada satu fenomena dimana generasi muda sekarang atau generasi millennial memutuskan untuk menunda untuk menikah di usia muda.

Apakah kamu pernah mendengar istilah waithood? Waithood adalah istilah untuk menggambarkan pilihan seseorang untuk menunda sesuatu dalam waktu tertentu, misalnya menunda pernikahan di usia muda. Mungkin istilah ini agak jarang didengar, namun kamu pasti pernah mendengar orang lain yang memutuskan untuk tidak menikah secepatnya karena berbagai alasan tertentu. 

Waithood ternyata sudah menjadi suatu “tren” yang banyak diikuti oleh mayoritas generasi millennial di berbagai negara lho girls. Penelitian yang dipublikasikan Pew Research Center tahun 2014 lalu menemukan hanya 26% generasi millennial di Amerika Serikat yang menikah di usia 18-26 tahun. Sedangkan, generasi x sebanyak 36% dan baby boomer sebanyak 48%. 

Tren menikah di usia muda mengalami penurunan seiring pergantian generasi ke generasi. Sejumlah 69% generasi millenial yang belum menikah beralasan belum mau menikah karena belum memiliki prasyarat pernikahan yang diperlukan seperti ekonomi yang cukup.


Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Mengapa Fenomena ini Bisa Terjadi & Alasan Millennial Tunda Menikah
Salah satu alasan fenomena waithood banyak digandrungi oleh generasi muda saat ini adalah karena sudah melek pendidikan. Penelitian yang dilakukan pada perempuan di Afrika, menemukan bahwa pendidikan yang membuat perempuan disana menunda untuk menikah muda. Ketika akses pendidikan semakin mudah, maka perempuan cenderung menunda menikah. 
 
Mungkin kamu sadar bahwa orang tua kita dulu bisa menikah di usia yang sangat muda atau sekitar awal 20an tahun. Namun sekarang, di usia 20an awal, banyak perempuan yang masih duduk di bangku kuliah untuk mengejar pendidikan formal.  Lebih mudahnya akses pendidikan ternyata menjadi salah satu penyebab generasi menunda pernikahan termasuk untuk mengejar pendidikan terbaik mereka.
 
Faktor karir dan komitmen pun juga menjadi salah satu alasan. Generasi millennial lebih ambisius untuk mengejar karir impian mereka sehingga urusan berkeluarga sampai memiliki anak menjadi nomor kesekian. Selain itu, generasi millennial mayoritas hidup di lingkungan yang mengalami perceraian sehingga mereka cenderung lebih berhati-hati dalam berkomitmen.


Photo by Splitshire from Pexels

Pernikahan = Siap Fisik, Mental, & Finansial
Terlepas dari apapun pilihan generasi muda sekarang ini tentang komitmen dalam pernikahan, menunjukkan bahwa generasi muda semakin sadar tentang kesiapan untuk membangun rumah tangga. Menikah tidak hanya siap fisik saja, tetap harus siap secara mental dan finansial ya. Kalau kamu sendiri, memilih untuk menunda menikah atau nggak nih, girls

Yuk, bagikan pilihan dan pendapatmu tentang fenomena waithood di Instagram @womenhealthypedia !

 

Other Articles