Simple Yoga, Cara Ampuh Usir Nyeri Perut Saat Haid

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

23 January 2019

Share artikel ini:

Nyeri perut saat haid memang bagai nightmare bagi setiap wanita. Pasalnya bukan saja memengaruhi kondisi tubuh, tapi mental pun bisa terganggu akibat mood swing kala nyeri datang melanda. Bagaimana tidak, aktivitas pun akan terganggu jadi buat kamu malas bergerak. 
Tapi tahukah, Healthy Women, tetap bergerak aktif saat haid justru bisa bantu redakan nyeri yang kamu rasakan lho. Pasalnya, saat berolahraga, tubuh akan mengeluarkan endorfin, senyawa yang dengan cepat memperbaiki mood hingga redakan nyeri. Selain itu, dengan olahraga pula, akan bantu melancarkan sirkulasi darah agar tubuh jadi tetap fit. 
Nah, Healthy Women, coba lakukan olahraga ringan seperti gerakan yoga yang mudah di bawah ini agar momen haid akan terasa lebih mudah dijalani. 


1. Easy Sitting Pose - Sukhasana 

Mulailah duduk dengan pose staff, luruskan kedua kaki ke depan. Silangkan kedua kaki, biarkan posisi kedua tangan relaks di atas paha. Hadapkan telapak tanganmu ke atas untuk mendapat energi atau menghadap ke bawah untuk membuat koneksi dengan bumi. Tegakkan posisi bahu dan punggung. Pose ini mampu memperbaiki postur dan meningkatkan kelenturan pinggul serta meningkatkan perasaan membumi dan ketenangan. 


2. Cat Stretch Pose - Marjaryasana 


Mulailah pada pose all fours, dengan kedua tangan di bawah bahu dan kedua lutut di bawah pinggul. Gunakan embusan napas untuk menarik pusar ke arah tulang belakang dan menekan lantai dengan kedua tangan dan lutut. Lengkungkan tulang belakang kamu seperti kucing yang marah. Bernapaslah di posisi ini sekurangnya tiga tarikan napas panjang. Pose ini mampu meningkatkan kelenturan punggung dan gerakan bahu.

3. Downwards Facing Dog - Adho Mukha Svanasana 

Mulailah pada pose all fours. Tekuk jari kaki dan angkat pinggul tinggi, mencapai tulang duduk ke arah langit-langit. Luruskan tumit ke belakang ke arah matras tanpa menyentuhnya. Turunkan kepala hingga posisi leher lurus. Lipatan pergelangan tangan tetap sejajar dengan tepi depan matras. Tekan ke buku jari telunjuk dan ibu jari untuk meredakan tekanan dari pergelangan tangan. Bernapaslah di posisi ini sekurangnya tiga tarikan napas panjang. Pose ini akan membuka sebagian besar bagian tubuh, meluruskan, memperkuat, mengurangi stres, dan memberi tenaga. Manfaat lainnya, memperbaiki aliran darah ke seluruh tubuh, melepaskan ketegangan dari kepala dan leher, serta mencegah insomnia, depresi, kelelahan, sakit punggung, dan osteoporosis.


4. Camel Pose - Ustrasana


Mulai pada posisi berlutut tinggi dengan pinggul di atas lutut dengan tulang kering kaki dan bagian atas kaki sebagai tumpuan berat badan. Tempatkan telapak tangan di belakang panggul dengan jari menghadap ke atas atau ke bawah, manapun yang dirasa lebih nyaman. Dalam posisi ini, rebahkan sedikit badan kamu ke belakang, pandangan lurus ke atas. Secara perlahan, lepaskan tangan ke tumit dan lengkungkan tulang belakang. Luruskan posisi tumit dan bernapaslah sekurangnya tiga tarikan napas panjang dalam posisi ini. Posisi ini bermanfaat untuk membuka punggung, dada, pinggul, tulang belakang, bagian perut, dan tenggorokan. Memberi energi dan dianggap dapat merangsang fungsi organ bagian perut hingga meredakan stres dan meredakan penyakit pernapasan.


5. Half Spinal Twist Pose - Matsyendrasana 


Mulailah duduk dengan pose staff. Tekuk lutut kanan dan taruh kaki kanan di lantai di sebelah luar paha kiri. Kamu dapat menahan kaki kiri lurus, atau menekuknya dan menempatkan tumit kiri di bawah otot bokong kanan. Putar badan ke kanan dan taruh tangan kanan di lantai di belakang tulang kelangkang. Dekapkan lengan kiri pada kaki kanan dan taruh tangan kanan di atas lantai di belakang tulang kelangkang. Tarik napas panjang untuk memanjangkan tulang belakang, lalu taruh lengan kiri di luar paha kanan. Gunakan lengan untuk menekan pada paha dan paha menekan pada lengan untuk memutar pada hembusan napas. Jaga pola pernapasan ini sekurangnya tiga napas panjang. Ulangi gerakan pada sisi lainnya. Pose ini dapat meningkatkan kelenturan tulang belakang dan membantu pencernaan hingga memperbaiki aliran darah ke organ vital.

6. Two Legged Forward Bend - Paschimottanasana 


Mulailah dengan duduk di pose staff.Letakkan lengan lurus ke samping dan ke atas kepala. Tarik napas dan tarik tulang belakang kamu sampai panjang. Saat kamu menghembuskan napas, mulailah untuk maju, dengan pinggul sebagai tumpuan. Bayangkan posisi panggul sebagai semangkuk air yang terbalik. Pada setiap napas, tarik panjang tulang belakangmu. Pegang pergelangan kaki atau betis, apapun yang bisa kamu raih. Kamu juga bisa menggunakan tali di sekitar kaki. Posisi ini akan membantu kamu menjaga tulang belakang dan leher tetap panjang dan posisi yang tegak sempurna. 
Nah Healthy Women, itulah gerakan simple yoga yang bisa kamu lakukan kapan pun dan dimanapun untuk meredakan rasa nyeri perut saat haid. Mudah, bukan? 

Other Articles