Olahraga Saat Menstruasi, Boleh Nggak ya?

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

29 December 2021

Share artikel ini:

Photo by Miriam Alonso from Pexels

Saat menstruasi, biasanya kita semakin enggan untuk bergerak aktif seperti biasanya, apalagi berolahraga. Perempuan cenderung banyak beristirahat karena suasana hati yang sedang tidak baik atau kram perut yang dirasakan. Namun, tahukah kamu ketika menstruasi kita justru dianjurkan untuk berolahraga? 

Olahraga dapat menghasilkan hormon endorfin, yaitu hormon penghilang stress dan pereda rasa sakit. Endorfin ini yang akan memberikan energi yang positif sehingga orang merasa lebih tenang. Jika kamu mengalami kelelahan dan mengalami perubahan suasana hati pada hari-hari menjelang dan selama siklus menstruasi, olahraga secara teratur dapat mengurangi gejala-gejala ini.

Selain itu, olahraga selama dan sebelum menstruasi juga dapat mengurangi rasa kram perut karena olahraga. Endorfin yang dihasilkan oleh tubuh dapat menurunkan prostaglandin, hormon yang merangsang otot rahim berkontraksi untuk mengeluarkan darah menstruasi.

Sebenarnya tidak ada patokan olahraga seperti apa yang cocok dilakukan saat masa menstruasi karena kondisi tubuh masing-masing yang berbeda. Misalnya saja, bagi yang sudah terbiasa olahraga kardio dengan intensitas tinggi, kamu masih boleh melakukan jenis olahraga ini namun dengan intensitas yang lebih rendah.  

Nah, berikut beberapa jenis olahraga yang mungkin bisa kamu lakukan sesuai dengan kondisi tubuhmu ketika masa menstruasi!

Cardio Intensitas Rendah


Photo by Blue Bird from Pexels

Senang berolahraga dengan intensitas yang tinggi? Menstruasi adalah saatnya kamu untuk mengurangi intensitas olahraga. Pertimbangkan untuk mulai jalan kaki berkeliling komplek rumah, cardio home workout, atau aerobik ringan. Selain itu, kamu juga bisa bersepeda. Bersepeda dapat melancarkan sirkulasi darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi ke semua otot di seluruh tubuh sehingga dapat mengurangi nyeri.
 
Saat hari pertama menstruasi, mungkin kamu akan sedikit tidak nyaman apalagi kalau darah yang keluar sedang banyak-banyaknya. Maka dari itu, pilih jenis olahraga berintensitas rendah saja ya, girls!
 
Yoga atau Pilates


Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Kedua jenis olahraga ini tidak hanya membuat tubuh sehat tapi dapat juga memberikan ketenangan pada tubuh dan pikiran. Secara umum, gerakan yoga aman diikuti saat kamu sedang menstruasi. Untuk gerakan pilates, kamu bisa menggunakan gerakan yang menggunakan otot panggul agar mengurangi nyeri atau kram perut.
 


Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika memilih berolahraga saat menstruasi. Pertama adalah minum air yang cukup. Pastikan tubuhmu terhidrasi sebelum, saat, dan sesudah berolahraga agar tidak memperparah nyeri menstruasi. Kedua, sadari dan dengarkan alarm tubuh. Jikalau kamu tiba-tiba mengalami pusing di tengah olahraga, hentikan aktivitasmu dan beristirahat.
 
Tips lainnya adalah gunakan pakaian yang nyaman. Jangan memilih pakaian yang terlalu ketat sehingga membatasi gerakanmu dan membuat miss v menjadi tambah lembab. Terakhir, jangan lupa untuk melakukan peregangan terlebih dahulu agar terhindar dari cedera.

Saat menstruasi, biasanya kamu melakukan olahraga apa aja nih girls? Yuk, bagikan cerita kamu bersama teman-teman lainnya di Instagram @womenhealthypedia !
 

Other Articles