Sering Merasa Cemas? Yuk Kenali 3 Tipe Anxiety!

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

22 June 2021

Share artikel ini:

Girls, apa kalian pernah merasakan cemas tanpa sebab atau sulit dikendalikan? Jika kalian pernah merasakan ini, ada kemungkinan kalian mempunyai gangguan anxiety. Rasa cemas atau anxiety sebetulnya adalah hal yang normal jika terpicu situasi atau berita yang menimbulkan rasa takut atau khawatir sedangkan gangguan anxiety terpacu jika kalian sering merasa cemas tanpa sebab yang terus menerus.

Nah, yang kalian perlu waspadai adalah ketika kecemasan itu selalu ada meskipun pemicunya sudah tidak ada dan mengganggu aktivitas keseharian. Akan tetapi ada 3 tipe gangguan kecemasan atau anxiety yang umum. Yuk, kenali ciri-cirinya!

1. Gangguan Panik (Panic Disorder)
Ini adalah tipe gangguan yang paling umum, Girls. Biasanya ciri munculnya dengan rasa panik atau cemas yang datang berulang kali. Gangguan panik ini sering ada tanpa alasan dan tiba-tiba yang disertai berkeringat, jantung berdebar, sesak, nyeri dada, gemetar, ketakutan, dan lemas yang terjadi selama beberapa menit sampai beberapa jam.  

2. Gangguan Kecemasan Sosial (Social Anxiety)
Penderita gangguan ini biasanya merasakan kecemasan atau ketakutan dalam menghadapi lingkungan sosial atau saat harus berinteraksi dengan orang lain. Yang dirasakan oleh penderita kecemasan ini adalah perasaan yang diawasi dan dinilai orang lain dan takut atau malu berlebihan jika ada di keramaian. Nah, biasanya penderita akan menghindari situasi di mana ia akan berinteraksi dengan banyak orang.

3. Gangguan Kecemasan Umum (Generalized Anxiety Disorder)
Tipe anxiety ini bisa dirasakan setiap hari hingga lebih dari 6 bulan, Girls. Biasanya penderita akan merasa cemas yang berlebihan dalam banyak aspek kehidupan, mulai dari pekerjaan, kesehatan, hingga hal-hal yang sederhana lainnya. Selain terganggu oleh rasa cemas, penderita biasanya akan cepat merasa lelah, tegang, mual, sakit kepala, sulit berkonsentrasi, sesak, dan insomnia.


Itulah 3 tipe gangguan kecemasan yang paling umum, Girls. Untuk mengetahui apakah anxiety yang kalian rasakan masih dalam kategori normal atau disebabkan gangguan mental, jangan ragu untuk berkonsultasi ke psikolog atau psikiater. Semoga bermanfaat!


Sumber:
https://hellosehat.com/mental/gangguan-kecemasan/anxiety-disorder/#34736-definisi-anxiety-disorder-gangguan-kecemasan

https://www.alodokter.com/mengenal-anxiety-yang-mengganggu-dan-berbagai-jenisnya#:~:text=Akibatnya%2C%20penderita%20gangguan%20kecemasan%20ini,berkonsentrasi%2C%20sesak%2C%20dan%20insomnia.

https://www.halodoc.com/artikel/ini-3-jenis-gangguan-kecemasan-yang-umum

Other Articles