Hal Aneh ini Bisa Terjadi pas Menstruasi! Kok bisa ya?

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

16 September 2020

Share artikel ini:

Pas menstruasi dateng, kamu sering ngerasa perut jadi kram, kembung, dan lemas ga, Girls? Duh, kalo udah kayak gitu, pasti jadi males ngapa-ngapain deh.

Bukan cuman rasa sakit aja, ternyata ada beberapa hal aneh tapi masih wajar yang terjadi pada tubuh kita saat menstruasi, lho! Apa aja ya? Yuk, kita simak infonya, Girls!

 

1. Frekuensi BAB Lebih Sering

Psst… Tau nggak sih, menjelang atau saat menstruasi buang air kamu jadi lebih lancar dari biasanya, lho! Hal ini terjadi karena penurunan drastis hormon progesteron di tubuh kita saat menstruasi dan menyebabkan buang air besar yang lebih sering.

 

2. Suara Berubah

Pasti kebanyakan dari kalian ga sadar kalau suara kita berubah pas menstruasi, kan? Yap! Suara kita akan berubah beberapa oktaf daripada biasanya karena perubahan hormon estrogen kita yang menjadi lebih rendah saat menstruasi. Sebenarnya hal ini sulit untuk dideteksi siapa pun, termasuk kita sendiri. Namun bagi yang berprofesi sebagai penyanyi, mungkin akan lebih merasakan perubahan pada suaranya saat menstruasi. 

 

3. Ngidam Daging

Hayo, ngaku siapa yang selalu pengen makan daging pas lagi menstruasi? Sebenarnya ngidam daging ini muncul sebagai pengingat kita untuk mengonsumsi lebih banyak makanan mengandung zat besi seperti yang terkandung pada daging, lho! Karena saat menstruasi, tubuh kita mengeluarkan banyak zat besi melalui darah menstruasi. 

 

4. Pelupa

Kamu jadi pelupa pas lagi menstruasi? Ga usah heran, Girls! Ternyata menstruasi emang bisa bikin kita jadi pelupa dari biasanya. Hal ini karena ketika menstruasi tingkat estrogen kita berada di tahap yang rendah dan mempengaruhi otak kita menjadi kesulitan untuk berpikir dan menyimpan memori, makanya kita jadi pelupa deh.

 

Nah, Girls, tadi adalah beberapa hal aneh tapi wajar yang terjadi saat menstruasi. Kamu pernah ngalamin juga ga?

Tapi, jika hal-hal aneh tersebut memberikan efek yang sangat signifikan untuk tubuh kamu, segera konsultasikan ke dokter ya, Girls. Selain itu, kamu juga bisa lho konsultasi apapun mengenai menstruasi, keputihan, dan hal-hal lain seputar Miss V secara gratis di laman Ask Our Expert yang akan dijawab langsung oleh dr. Bram Pradipta, Sp.OG. Yuk, konsultasi sekarang!

 

Sumber:

https://id.theasianparent.com/bab-saat-haid-lebih-sering

https://cewekbanget.grid.id/read/061894486/ini-7-hal-aneh-tapi-wajar-terjadi-ketika-kita-lagi-menstruasi?page=all

https://www.suara.com/health/2019/07/03/125500/selain-nyeri-perut-wanita-juga-alami-perubahan-suara-saat-menstruasi#

Other Articles