Sering Lelah Berlebihan Saat Video Conference? Jangan-Jangan Kamu Mengalami Zoom Fatigue Nih!

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

24 November 2020

Share artikel ini:

Pandemi sekarang ini banyak banget ngubah hidup kita ya, Girls! Dari yang biasanya bebas kemana aja, sekarang jadi harus hati-hati dan selalu pakai masker. Dari yang biasanya bisa ngobrol dan nongkrong sama temen, sekarang harus jaga jarak. Sampe yang biasanya kalau meeting atau kuliah kita harus tatap muka, sekarang cuman bisa video call atau video conference.


Video conference emang jadi salah satu cara biar pekerjaan atau kuliah kita tetap lancar, tapi pernah gak sih, setelah video conference kamu merasa kelelahan yang berlebihan dibandingkan saat melakukannya secara face to face? Kalau iya, bisa jadi kamu mengalami Zoom Fatigue nih, Girls, cek info lengkapnya yuk!

 

Apa sih Zoom Fatigue itu?

Zoom Fatigue adalah kondisi di mana seseorang merasa kelelahan akut setelah melakukan video conference setiap harinya, bahkan banyak juga lho yang merasa bahwa video conference ini lebih melelahkan daripada pas bekerja di kantor ataupun belajar di kampus, Girls.

 

Wah… kok bisa ya?

Zoom Fatigue bisa terjadi karena otak kita akan bekerja lebih keras untuk memahami informasi yang diberikan saat video conference, dimana saat video conference kita gak bisa memberikan isyarat sosial seperti gerakan tangan atau tubuh yang dapat membantu penyampaian informasi. Dalam kasus ini tentunya dapat menghabiskan banyak energi yang memicu timbulnya stress, terlebih jika dilakukan dengan waktu yang lama. 
Selain itu, penggunaan kamera saat video conference juga dapat memicu timbulnya Zoom Fatigue lho, Girls! Hal ini dapat membuat seseorang mengalami kecemasan berlebihan pas dirinya jadi pusat perhatian banyak orang. Terlebih lagi jika kita gak percaya diri dan selalu memperhatikan wajah kita di layar, wah bikin worry dan jadi lebih cemas banget. Kamu juga suka colongan ngaca pas video conference ga, Girls? Atau malah kamu cuman liatin wajah kamu pas video conference untuk cek penampilan? Hahaha

 

Kalo udah gitu, gimana cara ngatasinnya dong?

Untuk mengatasi Zoom Fatigue ini ternyata ada beberapa cara lho, Girls:

  • Mengatur waktu untuk tidak berlebihan video conference dalam sehari dan fokus mengerjakan pekerjaan lainnya.
  • Seimbangkan obrolan dengan rekan kerja melalui chatting atau video call. 
  • Jika perlu, nyalakan airplane mode selama 1-2 jam biar pikiran kamu bisa beristirahat.
  • Sesekali, kamu boleh lho tidak mengaktifkan kamera saat video conference, sehingga kamu bisa lebih relax.
  • Dan yang terakhir, luangkan waktu saat weekend untuk melakukan kegiatan yang tidak perlu menatap layar handphone atau laptop, seperti berolahraga, berkebun dan memasak. 

 

Nah, Girls, buat yang bekerja dari rumah, berikut tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi Zoom Fatigue nih. Yang paling penting, selalu utamakan kesehatanmu dengan berolahraga, makan-makanan sehat, dan istirahat yang cukup ya, Girls.

Semoga bermanfaat! 

 

Sumber: 

https://tirto.id/mengenal-zoom-fatigue-kelelahan-usai-melakukan-konferensi-video-f4Gk

https://www.popmama.com/life/health/putri-syifa-nurfadilah/mengenal-zoom-fatigue-rasa-lelah-karena-sering-video-call-conference/3

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/09/30/apa-itu-zoom-fatigue-dan-dampaknya-bagi-kesehatan

Other Articles