Musim Hujan Tiba, Makanan Ini Siap Menghangatkan Harimu!

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

05 January 2019

Share artikel ini:

Saat musim hujan tiba, udara yang dingin buat perutmu lebih cepat merasa lapar. Dalam situasi ini, jangan sampai tergoda untuk mengisi perut dengan sembarang asupan yang justru akan buat berat badan melonjak tak karuan. Sebagai gantinya, kamu tetap bisa menikmati makanan lezat tapi juga sehat dan sarat nutrisi, antioksidan, sekaligus meningkatkan imun yang dibutuhkan tubuh untuk menghadapi cuaca dingin. Yuk, simak pilihannya!

 

Apple Pie Oatmeal

Resep oatmeal yang sehat dan lezat ini sangat cocok untuk memulai hari kamu dengan makanan kaya serat dan protein untuk menghangatkan sekaligus mengenyangkan perut.

    1 cangkir potongan oatmeal dari gandum utuh
    2 cangkir susu almond
    1 buah apel diiris tipis lalu dipotong menjaditiga bagian
    2 sdt kayu manis
    2 sdt sirup maple (opsional)
    1 cangkir saus apel tanpa pemanis

Cara Masak:

Dalam panci ukuran sedang, campurkan susu almond, oatmeal, kayu manis, dan sirup maple, panaskan hingga susu menyerap. Tambahkan saus apel dan aduk bersama. Jika suka tekstur apel yang lembut, kamu bisa menambahkannya dalam campuran langsung. Tapi, kalau kamu suka dengan tekstur yang lebih crunchy tunggu sampai selesai mengaduk semua bahan dan baru campurkan apel ke dalamnya. Masak kurang lebih 15-20 menit hingga semua bahan menyerap dan tercampur.

Parisian Hot Chocolate

Cokelat pekat dengan kandungan kokoa mengandung flavonoid, sejenis antioksidan untuk cegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, pemicu potensial kanker dan penyakit kardiovaskular. Inilah yang jadi alasan minuman ini bukan hanya lezat tapi sarat manfaat buat tubuhmu.

    1 cangkir susu murni
    1 1/2 sdt gula aren
    55 gram cokelat pekat (dengan kokoa)
    1 sdt whipping cream
    secukupnya kayu manis bubuk sesuai selera

Cara Masak:

Panaskan susu di atas panci dalam api berukuran sedang 3 sampai 4 menit. Tambahkan gula aren dan aduk hingga larut, sekitar 1 menit. Masukkan cokelat pekat hingga meleleh sekitar 2 sampai 3 menit. Matikan api, angkat panci tunggu sampai hangat, tuangkan ke dalam gelas saji. Tambahkan cream dan kayu manis, siap disajikan.

Sup Kacang Hitam


Healthy women tahu enggak kalau dalam kacang hitam ini terkandung banyak sekali nutrisi baik untuk menunjang kesehatanmu lho. Kerap disebut sebagai superfood, tak tanggung-tanggung di dalamnya terkandung vitamin serta mineral penting seperti asam folat, magnesium, kalium, zat besi dan zinc, protein dan serat. Itu saja? Tentu tidak! Kacang hitam juga kaya akan antioksidan, bahkan tertinggi dibanding jenis kacang lainnya! Tak heran jika sajian sup kacang hitam sangat cocok dikonsumsi untuk meningkatkan kekebalan tubuhmu.

    1 sdm minyak canola
    1 bawang merah, iris
    1 sdm bubuk cabai
    1 sdt jinten
    1 cangkir kacang hitam
    3 gelas air
    ½ cangkir saus salsa
    ¼ sdt garam
    1 sdm air jeruk nipis

Cara Masak:

Panaskan minyak dalam panci besar di atas api sedang. Tumis bawang hingga mulai lunak selama 2-3 menit. Tambahkan bubuk cabai dan jinten, aduk hingga 1 menit. Masukkan kacang, air, salsa, dan garam. Didihkan, kurangi panas dan diamkan selama 10 menit. Matikan api dan tambahkan air jeruk nipis, aduk hinggga rata. Setelahnya, pindahkan setengah sup ke dalam blender lalu haluskan perlahan hingga jadi puree. Tuangkan kembali kedalam panci, dan aduk, lalu tuangkan ke dalam mangkuk, siap untuk disajikan.

Teh Jahe


Jahe memiliki sifat termogenik yang dapat membuat kamu merasa hangat. Karena kekuatannya memanaskan, jahe juga dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan aliran darah. Selain itu, menambahkan jahe ke dalam teh yang kamu minum juga bisa bantu meredakan nyeri tubuh, terutama saat kamu usai melakukan sesi olahraga.

    1 inchi jahe, kupas
    1 kantong teh hijau ukuran sedang
    1 sdt perasan lemon segar
    2 sdt madu
    1 cangkir air mendidih

Cara Masak:

Parut jahe lalu peras ke dalam satu cangir teh, buang ampasnya. Masukkan teh hijau, lemon, dan madu ke dalam cangkir, tuangkan air, diamkan selama 3 menit. Angkat kantong teh, siap disantap

 

Jadi, bukan sekadar pilihan makanan yang menghangatkan tubuh, tapi yang bisa jaga kesehatan tubuhmu juga, ya, Healthy Woman! Dari pilihan di atas, mana yang jadi favoritmu?

Other Articles