Komedo & Pepaya? Emang Ada Apa Ya?

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

23 April 2021

Share artikel ini:

Girls, sudah sejauh apa nih kamu melakukan self-love?

Gak perlu ribet-ribet, dengan merawat diri sebaik mungkin, berarti kamu sudah melakukan self-love lho! Nah salah satu hal simple dari self-love ini adalah dengan menjaga kulit wajah kamu dari komedo.

 

Komedo emang ganggu banget ya, bukan cuma bikin muka kita jadi kelihatan lebih kusam, komedo juga bikin tekstur wajah kita jadi gak nyaman. Komedo ini bisa muncul karena produksi minyak yang berlebihan pada kulit wajah karena polusi, udara lembab, ataupun udara panas. Biasanya sih cara paling cepat buat ngusir komedo dengan melakukan perawatan facial di salon kecantikan. Tapi dalam kondisi pandemi seperti ini, kayaknya belum memungkinkan ya untuk kita keluar rumah?

 

Nah, gak usah khawatir, Girls! Ternyata bahan makanan yang biasa ada di dapur kita seperti sayura, buah bahkan gula, juga bisa loh digunakan buat membantu mengurangi komedo di wajah. Kira-kira apa aja dan gimana cara mengaplikasikannya? Yuk cari tau!

 

1. Timun

Timun punya sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang bisa dijadikan solusi untuk menghilangkan komedo, Girls! Bukan cuman mudah didapatkan, penggunaan timun untuk menghilangkan komedo juga gampang banget lho. 

Caranya:

1. Siapkan ½ buah timun, 1 sendok teh perasan air lemon dan 1 sendok teh air perasan daun mint.

2. Kemudian campur semua bahan dan blender sampai halus.

3. Masukkan ke dalam botol dan dinginkan dalam lemari es selama kurang lebih 10 menit.

5. Setelah itu, oleskan ke wajah dan diamkan selama 15 menit.

Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini secara teratur tiap 1 kali seminggu, Girls.

 

2. Pepaya

Kalian tau gak, buah pepaya punya kandungan enzim papain yang bisa meregenerasi kulit lho! Selain itu, pepaya juga mengandung vitamin E, A dan C yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melembabkan & menutrisi kulit, banyak banget kan manfaatnya. Karena itu, pepaya dipercaya bisa menghilangkan kulit mati, membersihkan kotoran pada wajah, dan membersihkan komedo.

Caranya:

1. Potong pepaya menjadi kecil-kecil & haluskan pepaya sampai lembut.

2. Gunakan adonan tersebut sebagai masker, dan biarkan selama 30 menit.

Lakukan secara rutin setidaknya 1 kali seminggu biar komedo gak gampang muncul lagi ya, Girls.

 

3. Kopi & Gula

Kukan cuman untuk dikonsumsi pas lagi ngantuk, kopi dan gula juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo. Perpaduan kopi dan gula ini menjadi alat exfoliator alami yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati di permukaan kulit dan juga komedo.

Caranya:

1. Siapkan 2 sendok bubuk kopi

2. Kemudian campurkan dengan sedikit air dan 1 sendok gula pasir

3. Setelah itu mulailah gosokkan scrub kopi tersebut pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan secara perlahan-lahan agar tidak menimbulkan gesekan yang terlalu kasar dan menyebabkan iritasi.

Lakukan gerakan menggosok wajah tersebut minimal 1 menit ya. Cara ini bisa kamu lakukan 1 kali seminggu, namun jika kamu memiliki kulit wajah yang cenderung berminyak, kamu bisa melakukannya 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

 

Itu tadi beberapa bahan makanan yang bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan komedo, Girls! Selain mudah didapatkan, bahan makanan ini juga alami yang pastinya aman untuk kulit kita. Kamu mau coba ngusir komedo pakai bahan yang mana dulu nih?

 

Sumber:

https://health.kompas.com/read/2020/07/13/103100668/11-cara-menghilangkan-komedo-secara-alami?page=all

https://www.fimela.com/beauty-health/read/3852541/15-cara-alami-menghilangkan-komedo-hitam-dan-putih-di-hidung-dengan-cepat

https://www.merdeka.com/jabar/15-cara-menghilangkan-komedo-secara-alami-mudah-dan-cepat-kln.html?page=2

Other Articles