Sering Coba Tester Makeup? Perhatikan Bahayanya!

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

04 March 2022

Share artikel ini:

Photo by Rachel Claire from Pexels

Girls, siapa disini yang sering coba-coba tester makeup di
drugstore atau toko kosmetik lainnya? Tester makeup memang disediakan sama toko kosmetik supaya konsumen bisa mencoba terlebih dahulu produk yang ingin mereka beli. Seperti, warna lipstiknya cocok nggak ya sampai warna bedaknya sudah pas dengan kulit wajah atau belum.

Tapi kamu tau nggak, kalau ada bahaya yang mengintai dari tester-tester makeup tersebut? Pernahkah nggak kamu ngira-ngira ada berapa banyak sih orang yang udah mencoba lipstick yang kamu pakai itu? Saat satu konsumen menggunakan lipstick tersebut lalu digunakan kembali oleh orang selanjutnya, maka ada perpindahan bakteri atau virus di sana lho girls! 

Selain itu, bisa juga orang sebelum kamu mencoba bedak yang sedang kamu coba itu menggunakan tangan mereka yang belum tentu bersih. Hmm, bisa kamu bayangkan tester-tester kosmetik tersebut sudah terkontaminasi oleh bakteri atau virus?

Risiko Tester Makeup
Melalui portal TMZ 2017 lalu, seorang perempuan asal Amerika Serikat menggugat salah satu toko kosmetik. Alasannya, karena perempuan itu mengklaim ia mengalami herpes karena mencoba tester lipstik yang disediakan oleh toko kosmetik tersebut. 

Lipstik memang paling mudah buat jadi sarana perpindahan bakteri atau virus girls, karena pangaplikasiannya yang dioleskan langsung ke bibir. Penyakit akan lebih mudah tersebar melalui kontak kulit atau cairan dari mulut.


Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Risiko lainnya adalah munculnya jerawat pada wajah. Coba-coba tester kosmetik yang sudah terpapar bakteri di wajah, bisa membuat jerawat muncul atau infeksi di wajah kamu. Untuk kamu yang berkulit sensitif, harus nih lebih hati-hati lagi mencoba tester makeup di wajah.
 
Kalau kamu suka mencoba tester warna eyeliner yang cocok atau maskara untuk mata kamu sepertinya sekarang harus pikir-pikir lagi ya. Sebuah studi menemukan bahwa 43% eyeliner dan mascara mengandung kontaminan. Makanya, mencoba eyeliner atau maskara langsung di area mata dapat meningkatkan risiko infeksi pada mata. 
 
Gunakan Cara Ini untuk Menghindarinya!
Ternyata ada beragam bahaya ya yang bisa kamu alami kalau menggunakan tester makeup langsung ke wajah. Nah, kalau kamu tetap mau coba makeup terlebih dahulu sebelum membelinya, kamu bisa nih coba dengan mengoleskan produknya ke punggung tangan. Cek makeup apapun seperti warna lipstik, bedak, atau blush yang kamu suka ke punggung tangan dan langsung cuci tangan setelah itu ya, girls!


Shutterstock

Hindari juga buat pakai aplikator yang disediakan di toko kosmetik seperti brush atau spons. Lebih baik, kamu menggunakan cotton bud untuk mengambil sedikit produk makeup yang ingin kamu coba. 
 
Selain itu, sebenarnya nggak cuma tester makeup saja sih girls yang berbahaya. Berbagi makeup dengan orang lain juga sama bahayanya. Apalagi di tengah pandemi dan penyebaran Covid-19, kamu nggak mau kan tertular dari orang lain? Yuk, selalu jaga kebersihan dan hindari berbagi produk makeup! 
 
Kamu tahu cara lain untuk mencoba makeup tester tapi tetap aman? Bagikan pengalaman kamu di Instagram @womenhealthypedia!
 
 

Other Articles