Benar Ga sih, Kalau Menggaruk Kulit Saat Menstruasi Bikin Stretch-Mark?

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

09 November 2020

Share artikel ini:

Girls, ketika menstruasi, kulit kita akan lebih sensitif dan mudah iritasi. Dan, ada yang menyebutkan bahwa saat menstruasi, kita dilarang untuk menggaruk kulit karena akan menyebabkan stretch-mark atau selulit.

Benar ga, sih?

Coba yuk, kita cari tahu!

 

Kenali dulu penyebab stretch-mark

Stretch-mark disebabkan oleh peregangan kulit yang berlebihan dalam jangka waktu yang lama dan sangat umum terjadi pada saat perubahan hormonal di masa menstruasi, puber ataupun perubahan berat badan yang fluktuatif. Hal ini bisa menyebabkan gatal jika stretch-mark tersebut sudah cukup besar dan tebal, namun menggaruk pada saat menstruasi bukanlah penyebab dari stretch-mark, lho Girls!

 

Kulit yang meregang karena kurangnya elastisitas

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, Fitria Amalia Umar mengungkapkan, stretch-mark memang bisa muncul saat masa pubertas, yaitu ketika perempuan baru mulai menstruasi dan terjadi perubahan hormonal. Dan ternyata Girls, ga ada hubungan stretch-mark dengan garukan saat kita menstruasi. Ini terjadi akibat pertumbuhan tubuh yang membuat kulit seakan dipaksa meregang. Namun, karena kulit kurang elastis, muncullah stretch-mark atau garis yang tak beraturan pada kulit yang muncul pada bagian tubuh yang mengalami perkembangan, seperti pinggul, area bokong, dan paha. Kalau elastisitas kulit kurang, gampang terjadi robekan di dalam, makanya bisa terjadi stretch-mark.

 

Jadi, bukan karena digaruk, ya...

Kalau kamu takut timbul stretch-mark, ga usah khawatir, Girls. Kamu bisa cegah dengan menghindari trauma berlebih pada kulit seperti penggunaan korset yang terlalu berlebihan, lalu makanlah makanan yang mengandung protein dan vitamin C tinggi, juga hindari merokok karena rokok bisa menguapkan efek vitamin C yang menghambat proses produksi kolagen. Jika stretch-mark sudah terlanjur timbul, kamu juga bisa menggunakan cream dengan kandungan Centella Asiatica, Shea Butter, dan Almond Oil yang mampu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh dan melembabkan sekaligus menyamarkan warna mencolok dari stretch mark.

 

Sumber: https://www.merdeka.com/sehat/menggaruk-kulit-saat-menstruasi-munculkan-selulit.html

Other Articles