Pentingnya Self Care Saat Haid

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

04 August 2022

Share artikel ini:

Foto: Shutterstock

Terkadang kita terlalu sibuk dengan aktivitas sehingga lupa untuk self care. Kita lupa menyisihkan waktu luang buat melakukan hal-hal kecil sebagai apresiasi buat diri kita. Padahal self care itu penting bagi kesehatan mental kita, terutama ketika haid. Saat haid tubuh kita mulai merasa tidak terlalu nyaman. Mulai dari kram, nyeri perut, kembung, kelelahan, sakit pinggang hingga mood yang nggak stabil bikin hari-hari haid kamu jadi terasa bad day banget.  
Kita bahas lebih lanjut yuk!


Apa Itu Self Care?
Self care adalah upaya yang dilakukan dengan cara merawat diri sendiri secara fisik dan mental. Dengan arti lain self care merupakan aspek penting dari manajemen stress yang nggak boleh dilewatkan. Self care juga memiliki manfaat di antaranya mencegah timbulnya stress, menjaga mood, lebih rileks, serta memberikan me time yang berkualitas. 


Apa Manfaatnya Buat Kita?

Foto: Shutterstock

Self care bisa menjadi cara yang efektif untuk kita mengatasi rasa nggak nyaman yang dialami saat saat haid. Self care juga bisa membantu meredakan stress sehingga kesehatan mental kamu bisa tetap terjaga selama haid. 


Tips Melakukan Self Care
Untuk mengatasi rasa nggak nyaman saat haid kamu bisa coba beberapa langkah self care agar meminimalkan rasa nggak nyaman yang dialami selama menstruasi.
1. Tidur Yang Cukup
Girls, pastikan tubuh kamu mendapatkan tidur yang cukup agar membantu kamu lebih bertenaga saat haid. Karena kurang tidur dapat menyebabkan masalah secara emosional, seperti stress.
2. Mandi Air Hangat

Foto: Shutterstock
Kamu juga bisa mandi dengan air hangat agar merilekskan otot tubuh yang tegang karena haid. Kamu juga bisa menghangatkan bagian perut untuk mengurangi rasa nyeri atau kram.
3. Makan Makanan Favorit Yang Sehat 
Sebaiknya kamu hindari makanan yang mengandung karbohidrat dan gula karena dapat menyebabkan perut kembung. Kamu bisa memilih makanan yang lebih menyehatkan seperti protein dan lemak sehat, yang berfungsi untuk mengurangi peradangan dan menstabilkan kadar gula darah.
4. Gunakan Pembalut Yang Tepat

Foto: womenhealthypedia.com
Agar semakin nyaman dan menjaga mood saat haid, pilih pembalut berbahan alami yang sudah teruji klinis. Kamu bisa menggunakan Softex Natural Cool, ekstrak daun mint+sirih berfungsi sebagai antiseptik alami yang hambat pertumbuhan bakteri, dan sensasi dingin alaminya bikin hari-hari haid kamu bebas gerah. 


Jadi itu kenapa self care penting buat kita saat haid. Girls, punya pertanyaan atau mau share pengalaman seputar menstruasi? Yuk langsung DM kita di IG @womenhealthypedia, nanti kita bahas bareng ahlinya dr. Bram Sp.OG.

 

Other Articles