Lakukan Self-Compassion Buat Improve Diri Kamu

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

19 March 2021

Share artikel ini:

Siapa yang setuju kalau sebenarnya menerapkan Self-Love itu gak gampang? Tapi, self-love ini lah yang bikin hidup kita jadi lebih tenang dan bahagia, terutama saat kita sudah bisa menerima keadaan terburuk kita atau biasa disebut dengan self-compassion.

 

Self-compassion adalah suatu hal untuk menghargai segala keadaan kita, Girls, baik itu kegagalan ataupun kekurangan dari diri kita. Karena pada dasarnya, setiap manusia wajar apabila melakukan kesalahan, dan gak seharusnya kita merenungi dan menyesali kesalahan tersebut secara berlebihan yang justru membuat diri kita jadi insecure dan down.


Jadi, menerapkan self-compassion ini sangat penting untuk kita, Girls. Nah untuk kita lihat dulu yuk cara mudah menerapkan self-compassion ini.

 

1. Self-Kindness

Sebenarnya menerapkan self-kindness ini gampang-gampang susah, karena kita harus konsisten untuk melakukannya setiap saat. Seperti halnya, kita harus selalu berpikiran positif dalam semua keadaan, daripada selalu mengkritik diri sendiri atas kesalahan yang sudah diperbuat. Dalam kata lain, kita harus belajar untuk mengubah reaksi dan tanggapan kita tentang kegagalan atau kesalahan, misalnya yang biasanya kita

 

"Harusnya tadi aku gak melakukan itu” menjadi “Sepertinya hal tadi masih kurang pas, nextnya coba untuk lebih baik lagi deh”

 

Nah dengan pola pikir ini, kita akan lebih mudah menerima kesalahan kita dan akan memperbaiki untuk kedepannya. Ingat ya, Girls! Gak ada satupun manusia yang terlahir dengan sempurna dan pastinya semua orang akan mengalami kesalahan agar bisa bangkit kembali setelahnya.

 

2. Mindfulness

Mindful atau kesadaran emang bertentangan sama kebiasaan manusia yang lebih memilih untuk menghindari hal negatif, Girls. Tapi ternyata kebiasaan ini bukan cara yang tepat untuk menghadapi suatu kegagalan atau masalah. Oleh karena itu, kita harus menyadari, mengakui, dan menerima kegagalan kita untuk dapat mengevaluasi diri kita biar terus maju dan gak terperangkap dalam penyesalan yang gak ada ujungnya, seperti yang biasanya berpikir

 

"Kenapa tadi ngelakuin kayak gitu sih! Kan harusnya gak situ” menjadi “Okay, ternyata tadi salah, berarti selanjutnya aku harus menggunakan cara lain”

 

Nah Girls, kalau mindfulness ini bisa kita terapkan dengan baik, kita jadi bisa lebih mengenali dan memahami kesalahan kita untuk diperbaiki kedepannya!

 

3. Imperfection Acceptance

Nal terpenting dari self-compassion ini adalah penerimaan ketidaksempurnaan atau imperfection acceptance. Ini menjadi sangat penting untuk kesehatan psikologis kita biar gak selalu dihantui dengan kecemasan berlebihan atas kegagalan yang dialami, Girls. Misalnya, yang biasanya kita

 

"Nyesel banget ngelakuin itu, harusnya gak usah!” menjadi “It’s okay, setiap orang pasti pernah salah kok, nextnya coba lebih baik lagi"

 

Menerima ketidaksempurnaan adalah hal yang manusiawi kok, dan ini justru membantu kita untuk merasa lebih dekat dengan orang lain karena kita sadar bawah ketidaksempurnaan atau kegagalan pasti akan dialami oleh semua orang. 

 

Nah, itu tadi cara agar kita lebih mudah menerapkan self-compassion, Girls. Jika kita bisa menerapkan self-compassion dalam diri kita, pastinya kita bisa membangun hubungan sosial kita ke orang lain karena akan lebih memahami satu sama lain. Selain itu, jika self-compassion ini sudah melekat di hidup kita, kita bisa menjadi pribadi yang peduli sesama, supportive dan memiliki rasa empati yang tinggi. Bukan cuman itu, self-compassion juga bisa menjauhkan kita dari depresi terhadap ketakutan dan rasa gagal lho. 


Untuk itu, yuk mulai menerapkan self-compassion untuk improve diri kamu, Girls.

 

Sumber:

http://yayasanpulih.org/2020/08/membangun-self-compassion-dalam-diri/

http://www.indopositive.org/2019/11/self-compassion-pengertian-komponen-dan.html 

Other Articles