Pas Menstruasi Kok Bau Ya?

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

04 March 2020

Share artikel ini:

Healthy Women, kalian pernah ga sih diganggu Sister Bulanan dengan bau-bau aneh yang bermunculan? Ih emang bener deh, Sister Bulanan tuh rese banget. Apalagi pas lagi olahraga, keringat mengalir deras dan baunya akan semakin menyengat. Bau saat menstruasi ini biasanya terjadi karena perubahan hormonal secara alami yang menyebabkan peningkatan kelembaban area intim sehingga menimbulkan bakteri penyebab aroma tak sedap. Tapi selain itu ada beberapa faktor lain yang menyebabkan bau tak sedap pada saat menstruasi loh. Yuk kenali apa aja penyebabnya!

1. Aroma Amis

Amis adalah salah satu bau tak sedap yang sering dirasakan saat menstruasi. Hal ini terjadi karena pertumbuhan bakteri berlebihan pada vagina saat menstruasi yang menimbulkan bau amis. Terlebih lagi dengan peningkatan alkalinitas vagina yang membuat bau amis saat menstruasi semakin kuat, oh no!! Salah satu cara untuk mengurangi bau amis pada saat menstruasi, kamu perlu mengganti pembalut setiap 3 jam sekali. Mengganti pembalut bisa mencegah tumbuhnya bakteri. Selain itu, mengkonsumsi jamu kunyit asam juga bisa menjadi salah satu opsi lho karena kunyit memiliki sifat antimikroba, antiinflamasi, dan antioksidan yang mampu mengusir aroma tak sedap pada saat menstruasi.

 

2. Bau Badan

Siapa yang suka merasa bau badan saat menstruasi? Tenang aja, aroma bau badan saat menstruasi merupakan yang normal lho! Bau seperti ini biasanya disebabkan oleh kelenjar keringat apokrin pada daerah intim mu. Selain itu, keringat apokrin yang bercampur dengan bakteri di kulit juga bisa menghasilkan bau badan saat kamu sedang menstruasi. Untuk menghilangkan bau badan saat menstruasi gak cuma mandi dan menggunakan parfume. Kamu juga perlu memperhatikan apa yang kamu makan, karena makan terlalu banyak bawang-bawangan, daging merah, dan telur dapat meningkatkan bau badan saat menstruasi.

 

3. Aroma Manis

Bau manis saat menstruasi bukanlah merupakan hal yang berbahaya. Bau manis ini disebabkan oleh perubahan tingkat pH yang juga ikut merubah bakteri yang ada pada tubuh kita loh. Membersihkan bagian luar vagina secara teratur merupakan salah satu cara mengurangi bau manis saat menstruasi. Tapi jangan gunakan sabun mandi untuk membersihkan vagina yaa. Pengharum dan bahan kimia pada sabun mandi dapat mengganggu pH pada vagina kamu.

 

4. Aroma Seperti Uang Logam

Pernah nggak kalian menemukan bau uang logam saat menstruasi? Biasanya sih hal ini terjadi karena adanya zat besi dalam darah yang menghasilkan bau seperti uang logam. Tenang aja bau seperti ini pada umumnya akan hilang setelah masa menstruasi kamu selesai. Tapi jika bau logam masih berlanjut segera konsultasikan dengan dokter yaa.

Sebagai wanita kita wajib menjaga kebersihan, terutama kebersihan area kewanitaan. Untuk menghindari bau tak sedap saat menstruasi, selalu jaga area kewanitaan dengan rajin mengganti pembalut setiap 3 jam sekali, menggunakan pakaian berbahan katun, dan menjaga kelembaban area kewanitaan.

Jangan lupa pakai Softex Daun Sirih 29cm ya, Healthy Women! Ekstrak daun sirihnya mengandung antiseptik alami yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri, dan mengurangi bau tak sedap pada saat Sister Bulanan datang. Semoga bermanfaat ya Healthy Women!

Other Articles