Nyeri di Area Vagina? Bisa Jadi Vestibulitis Vulva

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

21 July 2022

Share artikel ini:

Foto: Freepik

Kamu pernah nggak ngalamin rasa nyeri di area vagina, yang bikin ngerasa nggak nyaman? Bisa jadi itu Vestibulitis Vulva, yaitu kondisi peradangan pada vestibula, yang menyebabkan nyeri atau ketidaknyamanan pada vestibulum (lubang vagina). 

Nyeri yang dialami dapat berupa nyeri ringan hingga rasa terbakar hebat pada vagina. Vestibulitis yang terjadi pada vulva bisa menyerang wanita dari segala usia dengan proporsi terbanyak pada wanita usia subur, 20-40 tahun. 

Yuk, cari tahu penyebabnya pada penjelasan berikut ini.

Apa Penyebabnya

Vestibulitis Vulva merupakan kondisi peradangan yang menyebabkan nyeri pada area vagina. Kondisi nyeri pada Vestibulitis Vulva dapat berupa nyeri ringan hingga rasa terbakar hebat pada vagina. 

Vulva merupakan bagian luar dari vagian, yang meliputi vestibula atau pembukaan vagina. Sedangkan imbuhan -tis pada vestibulitis menggambarkan kondisi peradangan. Pada kondisi normal vulva merupakan struktur yang sensitif, karena terdapat ujung-ujung saraf sensorik, termasuk pada vestibula. 

Ada beberapa hal yang bisa memicu Vestibulitis Vulva. Salah satunya keputihan atau infeksi jamur serta alergi pada vagina. 

Tak hanya itu, kondisi Vestibulitis Vulva bisa diakibatkan bila terdapat gesekan antara celana dalam dengan vagina. Serta reaksi alergi yang disebabkan oleh bahan kimia pada penggunaan pembalut juga bisa menjadi alasan munculnya rasa nyeri.

Cara Mengatasinya

Untuk mengatasi rasa nyeri yang terjadi di area vagina, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini! 

Pertama, tidak menggunakan bahan kesehatan yang bisa menyebabkan iritasi pada vagina, seperti penggunaan celana yang ketat. Gunakan celana dalam yang berbahan katun agar menghindari gesekan yang bisa menimbulkan rasa nyeri pada area vagina. 

Kedua, melakukan kompres dingin pada vagina, untuk mengatasi rasa nyeri yang disebabkan oleh Vestibulitis Vulva.


Foto: Freepik
Ketiga, hindari penggunaan produk berbahan kimia, seperti pembalut yang bisa menyebabkan iritasi pada area vagina. 

Keempat, Kamu bisa menggunakan pembalut berbahan alami yang sudah teruji klinis, seperti Softex Natural Cool dengan ekstrak daun sirih+daun mint. Antiseptik alami dari kandungan daun sirih bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan bau. Serta sensasi dingin alami dari ekstrak daun mint, cegah lembab dan sehat untuk kulit karena mengandung pH yang seimbang.


Foto: womenhealthypedia.com

Kamu juga dianjurkan untuk konsultasikan ke dokter jika mengalami kondisi nyeri yang berlebihan di area vagina. Dokter akan memberikan terapi obat untuk Vestibulitis Vulva, berdasarkan dengan faktor rasa nyeri yang memperparah kondisi kamu. 

Punya pengalaman seputar gangguan di area kewanitaan yang bikin nggak nyaman beraktivitas? Share pengalaman kamu dan cara mengatasinya di Instagram @womenhealthypedia yuk! 

Other Articles