Jangan Sampai Salah, Ini Tips Diet Saat Puasa

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

18 April 2022

Share artikel ini:

Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Beberapa orang memanfaatkan bulan puasa sebagai waktu untuk menurunkan berat badan. Kamu jadi salah satunya nggak nih, girls? Puasa dianggap sebagai salah satu momen yang tepat untuk menurunkan berat badan karena kita hanya makan 2x sehari yaitu saat sahur dan berbuka.

Tapi, sebenarnya boleh nggak sih diet saat berpuasa? Karena seperti yang kita tahu, walaupun puasa, kita membutuhkan energi yang lebih untuk melewati 13 jam tanpa makan dan minum. 

Bolehkah Diet Saat Puasa?
Diet sambil menjalankan ibadah puasa ternyata boleh saja dilakukan berbarengan lho girls! Puasa memang punya berbagai manfaat untuk mengurangi berat badan. Penelitian dari Journal of Fasting and Health menyebutkan bahwa puasa Ramadhan dapat menurunkan Body Mass Index (BMI) dan lingkar pinggang sehingga ada penurunan pada berat badan.


Photo by SHVETS production from Pexels
 
Puasa juga dinilai dapat mendetoks tubuh secara alami. Berbagai macam racun yang tersimpan di dalam tubuh akan dikeluarkan secara berkala saat puasa. Puasa juga akan memberikan waktu untuk organ pencernaan kamu beristirahat.
 
Manfaat lain dari puasa untuk penurunan berat badan adalah puasa dapat membakar lemak sebagai energi. Ketika puasa, jam tidur dan tubuh kita mengalami perubahan sehingga penyerapan menjadi tertunda. Dengan begitu, tubuh akan membakar lemak untuk menghasilkan energi.
 
Tips Diet yang Aman Saat Puasa
Nah, kalau kamu punya rencana untuk diet di bulan Ramadan ini, pastikan kamu melakukannya dengan benar ya! Pertama, tetap batasi kalori yang kamu makan. Hindari makan-makanan berkalori tinggi seperti gorengan dan minuman manis saat berbuka. Kamu bisa ganti takjil kamu ke takjil yang lebih sehat seperti jus buah, oatmeal, atau buah kurma.


Photo by Life Of Pix from Pexels
 
Kamu harus paham ya, menurunkan berat badan nggak cukup jika hanya mengurangi jumlah kalori yang masuk ke tubuh. Kamu juga tetap harus berolahraga untuk mempercepat metabolisme dan membakar kalori tubuh. Namun, harus perhatikan waktu olahraga yang tepat saat puasa juga ya girls. Hal ini untuk menghindari kamu mengalami pusing akibat asupan yang kurang saat berpuasa.
 
Kamu bisa melakukan olahraga sebelum waktu berbuka, sesudah berbuka, atau sesudah sahur. Pilih jenis olahraga berintensitas rendah, apabila kamu belum terbiasa berolahraga di bulan puasa, seperti jalan kaki, jogging, atau bersepeda.
 
Selain itu, pastikan tubuh kamu mendapat asupan air putih yang cukup agar terhindar dari dehidrasi. Kamu dapat mencoba pola 2-4-2 untuk menghidrasi tubuh, yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat makan malam, dan 2 gelas saat Sahur.
 
Terakhir, tetap penuhi nutrisi yang tubuh butuhkan selama berpuasa seperti karbohidrat, protein, lemak sehat, dan serat. Kamu dapat mengganti karbohidrat dari nasi putih menjadi nasi merah atau kentang. Tambahkan protein dari kacang-kacangan atau telur dan jangan lupa serat dari buah dan sayuran. Untuk lemak sehat, dapat kamu temukan dari alpukat dan ikan.
 
Kamu punya tips lainnya untuk diet saat berpuasa di bulan Ramadan? Yuk, bagikan tips yang kamu punya ke Instagram @womenhealthypedia!

Untuk menjaga miss V tetap lembab saat berpuasa, jangan lupa untuk menggunakan pantyliner yang nyaman seperti Pantyliners Softex Daun Sirih! Dengan kandungan antiseptik alami, miss V terjaga kelembabannya dan menghindari risiko keputihan. Terlebih lagi, Pantyliners Softex Daun Sirih #PastiHalal jadi kamu tetap nyaman untuk beribadah.

Other Articles