Area Kewanitaan Gatal Saat Menstruasi? Ini Nih Penyebabnya!

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

16 January 2020

Share artikel ini:

Saat sedang menstruasi, tentunya kita perlu menjaga kebersihan area kewanitaan secara maksimal agar tetap bersih dan nyaman. Kebanyakan wanita akan merasakan lembab, bau dan gatal pada area kewanitaan yang dapat mengganggu aktivitas. Tau gak sih girls apa yang bikin gatal?

Pada dasarnya, rasa gatal disertai dengan timbulnya bintil-bintil di area kewanitaan biasanya disebabkan oleh infeksi jamur Candida Albicans yang rentan datang saat sedang menstruasi. Selain karena kurangnya menjaga kebersihan, infeksi jamur ini juga muncul karena kadar pH vagina yang tidak seimbang saat sedang menstruasi. Namun, hal ini bukan semata-mata hanya karena kurangnya menjaga kebersihan dan tidak seimbangnya kadar pH vagina saja lho, Healthy Women! Berikut penyebab yang dapat menimbulkan infeksi jamur sehingga area kewanitaan menjadi gatal saat menstruasi.

 

1. Mencuci Area Kewanitaan dengan Sabun

Mencuci area kewanitaan sebenarnya tidak harus menggunakan sabun. Hal ini dikarenakan sabun dapat membuat area kewanitaan menjadi iritasi dan menimbulkan gatal yang sangat tidak nyaman. Cukup bersihkan area kewanitaan kamu dengan membasuhnya menggunakan air biasa saja ya, Healthy Women.

 

2. Tidak Merawat Rambut Kemaluan

 Jamur dan bakteri sangat menyukai area yang lembab, sehingga menimbulkan gatal pada area kewanitaan, untuk itu merawat rambut kemaluan seperti mengguntingnya secara rutin menjadi hal yang sangat penting untuk menghindari area kemaluan kamu menjadi lembab dan gatal Healthy Women.

 

3. Mengkonsumsi Makan Manis

Makanan manis dapat memicu pertumbuhan jamur yang ada di vagina lho! Oleh sebab itu, sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan manis saat sedang menstruasi untuk menghindari rasa gatal pada area kewanitaan.
 

4. Jarang Mengganti Pembalut

Terlalu lama menggunakan pembalut yang sama dapat menjadi sarang untuk pertumbuhan jamur dan menjadi infeksi, hal ini yang pada akhirnya membuat area kewanitaan menjadi lembab, bau, dan gatal. Jangan lupa untuk selalu rutin mengganti pembalut kamu maksimal 3 jam sekali ya, Healthy Women.

 

5. Salah Memilih Celana Dalam dan Pembalut

Saat sedang menstruasi, sebaiknya hindari celana dalam maupun pembalut yang terbuat dari bahan sintetis. Karena hal tersebut bisa menyebabkan iritasi yang dapat menimbulkan infeksi jamur pada area kewanitaan karena kurangnya sirkulasi udara. Selain itu, pilih pembalut yang berbahan alami tidak mengandung pewangi dan bahan kimia lainnya, karena dapat menimbulkan iritasi di sekitar area kewanitaan. Jadi, pilih pembalut yang tepat ya, Healthy Women!

Nah, sekarang kamu udah tau kan kenapa area kewanitaan sering gatal saat sedang menstruasi. Untuk itu selalu jaga kebersihan area kewanitaan kamu, dan Jangan lupa untuk menggunakan Softex Daun Sirih, karena ekstrak daun sirih nya mengandung antiseptik alami yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri, sehingga mengurangi lembab, bau, dan gatal di area kewanitaan kamu. Semoga bermanfaat Healthy Women!

Other Articles