Tetap Sehat Dengan yang Alami

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

07 April 2020

Share artikel ini:

Di tengah maraknya Pandemic COVID-19 ini, pastinya sebagian besar dari kalian langsung menerapkan pola hidup yang sehat, seperti berolahraga, mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, berjemur di pagi hari dan beberapa aktivitas lainnya. Selain itu, masih ada lho cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat, yaitu mengkonsumsi jamu! Ada yang sudah coba buat belum Girls?

 

Jamu merupakan obat tradisional khas Indonesia, biasanya jamu terbuat dari tumbuhan seperti rimpang (akar-akaran), dedaunan, kulit batang ataupun buah. Untuk sebagian orang, jamu terasa sangat pahit sehingga banyak yang menolak untuk mengkonsumsinya. Akan tetapi, baru-baru ini bermunculan istilah “empon-empon” untuk jamu yang dipercaya dapat mencegah virus COVID-19. Empon-empon sendiri sebenarnya adalah istilah untuk jenis tanaman rimpang seperti jahe, kunyit, temulawak, dan lainnya, yang biasa digunakan sebagai bahan dasar membuat ramuan herbal atau jamu.

 

Selain memiliki segudang manfaat, membuat empon-empon juga sangat mudah dan bisa kamu buat sendiri di rumah lho Girls! Yuk cari tau caranya:

 

1. Kunyit Asam

Kunyit Asam memiliki kandungan penawar racun yang dapat menetralisir tubuh kita dari racun. Selain itu kunyit dapat membantu mengurai kram perut saat menstruasi dan dapat mengatasi keputihan lho, Healthy Women, hal ini karena kunyit memiliki kandungan aktif kurkumin yang berfungsi sebagai inflamasi untuk menenangkan kontraksi dan mengobati penyakit yang diakibatkan oleh peradangan seperti halnya radang pada kewanitaan atau biasa disebut sebagai keputihan.

Membuat Jamu Kunyit sebenarnya susah-susah gampang, hal yang pertama kamu lakukan adalah membersihkan 500 gram kunyit lalu diparut, kemudian tambahkan 750 ml air dan saring hingga mendapatkan sarinya. Kemudian rebus air perasan kunyit dengan menambahkan 3 batang asam jawa, dan 40 gr gula jawa sisir. Setelah itu tuangkan deh ke dalam gelas!

 

2. Jahe

Jamu sangat identik dengan jahe, hal ini karena jahe merupakan bahan yang paling sering digunakan untuk membuat jamu. Dengan aromanya yang harum dan segar, jahe diyakini bisa mengatasi berbagai masalah tubuh seperti radang sendi dan juga nyeri saat menstruasi. Jahe juga dipercaya mampu mencegah mual bagi ibu hamil lho, Healthy Women!

Untuk membuat Jamu Jahe, kamu hanya perlu merebus irisan jahe dengan ketebalan ¼ inci dengan 1 gelas air sampai mendidih, lalu saring dan tuang kedalam gelas. Jika kamu menginginkan rasa manis, kamu bisa menuangkan madu sesuai selera kamu yaa.

 

3. Beras Kencur

Beras kencur merupakan salah satu jamu yang paling banyak diminati, hal ini karena beras kencur dapat meredakan demam, sakit pinggang, sakit perut dan juga bengkak. Selain itu jamu yang satu ini juga dapat menambah nafsu makan lho, terutama pada anak - anak!

Cara membuatnya kencur cukup mudah, kamu perlu mencampur 200 gram beras, 1 jahe dan kencur berukuran sedang, gula merah sesuai selera dan 3 gelas besar air menjadi satu, lalu saring, dan Jamu Beras Kencur siap dinikmati!

 

Nyatanya selain aman karena dari bahan alami, jamu atau empon-empon juga memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita yang salah satunya mencegah virus COVID-19. Membuat jamu tersebut juga sangat mudah, tetapi jika kamu tidak sempat membuatnya, sekarang sudah banyak dipasaran berbagai macam jamu yang cair atau pun bubuk yang bisa kamu seduh sendiri dirumah. Jadi, bagaimana Healthy Women? Tertarik untuk mencoba?

Other Articles