Menstruasi dan Air Kelapa, ada apa sih?

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

31 December 2019

Share artikel ini:

Healthy Women, air kelapa adalah salah satu minuman tropis kuno yang beberapa tahun terakhir ini popularitasnya meningkat lho di pasar internasional. Beberapa orang bahkan menganggap air kelapa sebagai “minuman olahraga” karena memiliki banyak manfaat dan sering juga digunakan untuk memperlancar menstruasi. Hah? Memperlancar menstruasi? Bener ga sih?

Faktanya, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa minum air kelapa dapat memperlancar darah menstruasi, memicu keputihan atau lendir pada darah. Pada dasarnya air kelapa tidak memiliki hubungan dengan derasnya darah menstruasi, karena biasanya menstruasi yang berlebihan disebabkan karena ketidakseimbangan hormon sehingga lapisan dinding rahim menjadi lebih tebal dan membuat aliran darah menstruasi menjadi lebih deras. Namun dalam beberapa kasus, darah menstruasi yang berlebih (menorrhagia) juga dapat menandakan kondisi kesehatan yang lebih serius lho, untuk itu sebaiknya diperiksakan lebih lanjut kepada dokter ya Healthy Women.

Walaupun tidak memiliki hubungan dengan memperlancar menstruasi, air kelapa tetap baik dikonsumsi saat menstruasi karena dapat membantu meredakan gejala PMS seperti nyeri di perut Healthy Women. Air kelapa juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah hidrasi serta menjadi pelarut batu kemih pada lambung dan usus karena mengandung enzimatik yang dapat meningkatkan pembubaran batu kemih. Air kelapa telah terbukti mengandung beberapa elemen mineral yang dapat diterima dengan mudah oleh tubuh karena tidak menyebabkan kerusakan pada sel dan jaringan tubuh dan tidak memiliki efek samping. 

So, berdasarkan penjelasan diatas, air kelapa memang tidak memiliki hubungan dengan kelancaran menstruasi. Akan tetapi air kelapa tetap memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan kalian juga bisa mengkonsumsi air kelapa untuk mengurangi rasa nyeri saat menstruasi. Semoga bermanfaat Healthy Women!

Other Articles