Manfaat Air Kelapa Saat Menstruasi

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

23 June 2022

Share artikel ini:

Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash

Girls, kamu pasti sudah sering dengar mitos-mitos seputar kesehatan, termasuk soal kesehatan area intim dan kewanitaan, seperti menstruasi. Ternyata masih banyak yang percaya juga, lho!
 
Kebanyakan mitos tersebut berawal dari keluhan perempuan yang sering merasa nyeri saat menstruasi. Lalu, mereka mencari cara untuk meredakan nyeri tersebut, salah satunya dengan minum air kelapa, yang kemudian works mampu meredakan nyeri. 
 
Tapi, sebenarnya air kelapa bisa meredakan nyeri itu benar atau nggak, sih, girls
 
 
Kandungan air kelapa untuk kesehatan

Menurut penelitian dari Medicine & Science in Sports & Exercise, air kelapa mengandung elektrolit (kalium, natrium, kalsium, dan magnesium), makanya biasanya setelah minum air kelapa, kita merasa lebih segar karena cairan tubuh kita tercukupi secara intense

Selain itu, berdasarkan penelitian dari American Society for Nutrition, pada segelas air kelapa bisa mengandung maksimal 45 kalori saja lho! Nggak cuma itu, macam-macam vitamin seperti vitamin B1, B2, B3, B6, C, dan folat juga terkandung di dalamnya.

Nah, ternyata air kelapa juga mengandung fitoestrogen yang lebih banyak daripada buah dan sayuran lainnya lho, girls! Nah, apa sih fitoestrogen itu? Jadi, tumbuhan punya senyawa yang susunannya mirip dengan susunan hormon estrogen pada tubuh manusia. Hormon estrogen sendiri berfungsi untuk mengendalikan pertumbuhan lapisan rahim pada saat awal siklus menstruasi. 



Photo by Markus Winkler from Unsplash

 

Manfaat mengkonsumsi air kelapa saat menstruasi

 

Girls, tapi bukan berarti fitoestrogen tersebut mampu mengatasi permasalahan menstruasi ya, karena faktor dan penyebab masalah menstruasi yang dialami tiap orang berbeda-beda. Yang jelas, air kelapa memang punya banyak kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh dan tentunya aman dikonsumsi saat menstruasi. Misalnya: 


1. Menghidrasi tubuh


Dengan kandungan elektrolitnya, air kelapa bisa membantu meringankan nyeri dengan menambah asupan cairan tubuh yang hilang saat menstruasi. 


2. Bantu mencegah anemia defisiensi besi

Kandungan vitamin C pada air kelapa membantu tubuh kita menyerap zat besi yang hilang bersamaan dengan keluarnya darah menstruasi. Jadi, masuk akal nih, girls kalau kamu mengatakan air kelapa bisa membuat tubuh kami tetap fit saat menstruasi. 

 

3. Bantu meredakan nyeri saat menstruasi

Penyebab nyeri saat menstruasi pada tiap perempuan berbeda-beda faktor dan penyebab ya, girls. Tapi, kandungan pada air kelapa memang baik untuk menjaga kesehatan tubuh terutama saat menstruasi. 


Dari hasil penelitian Program Studi S1 Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang pada tahun 2016, air kelapa hijau bisa jadi pilihan nih untuk kamu meredakan rasa nyeri dismenore primer. Cara ini juga digunakan oleh bidan saat penyuluhan remaja dengan keluhan nyeri dismenore primer



Selain air kelapa, kamu juga bisa minum air hangat untuk membantu meredakan nyeri haid karena itu bisa melancarkan aliran darah ke kulit dan bantu mengendurkan otot kamu yang kram. Ada notes juga nih buat kamu, girls. Kalau merasa nyeri haid yang tidak berkesudahan, sebaiknya segera hubungi dokter ya, dan jangan lupa gunakan Softex Natural Cool dengan kandungan Daun Mint dan Sirih untuk bantu Cegah Lembab dan Bau serta memberikan sensasi dingin yang alami supaya kamu nyaman beraktivitas! Bisa  kamu dapatkan di Alfamart atau Indomaret dan juga di Ecommerce Official Store Softex Indonesia!

Punya pengalaman seputar gangguan di area kewanitaan yang bikin nggak nyaman beraktivitas? Share pengalamanmu dan cara mengatasinya di Instagram @womenhealthypedia yuk! Kita bahas bareng-bareng šŸ˜Š






Other Articles