Menstrual Hygiene Day sebagai Wujud CSR Softex

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

28 May 2021

Share artikel ini:

Softex Berikan Edukasi dan Donasi Sebagai Bentuk Dukungan Bagi Para Wanita di Panti Asuhan & Lapas



Jakarta, 27 Mei 2021 –
Kurangnya pengetahuan dan informasi para remaja putri maupun wanita Indonesia tentang kesehatan menstruasi dapat berakibat kurang baik bagi kesehatan area kewanitaan pada jangka panjang. Perlu adanya pemberian informasi yang lengkap pada remaja putri dan wanita Indonesia untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran mereka akan pentingnya menjaga kebersihan diri terutama saat menstruasi.

Softex sebagai pionir pembalut pertama di Indonesia, berinisiasi untuk meningkatkan kesadaran seluruh wanita di Indonesia tentang pentingnya menjaga kebersihan menstruasi dalam rangka memperingati Menstrual Hygiene Day pada tanggal 28 Mei 2021.

Menjaga kebersihan saat menstruasi merupakan hal mendasar yang penting untuk diketahui oleh semua wanita, namun sering kali hal ini justru terlupakan. Mayoritas wanita di Indonesia mengetahui tentang menstruasi setelah mengalami menstruasi pertama.

Menurut Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2017 perilaku remaja putri dalam menjaga kebersihan pada saat menstruasi masih buruk, yaitu 63.9%, penyebabnya karena kurang pengetahuan dan informasi tentang personal hygiene pada saat menstruasi.

“Ternyata sampai saat ini perhatian dan kesadaran remaja putri dan wanita Indonesia masih kurang mengenai cara menjaga kebersihan menstruasi yang baik. Hal ini yang mendorong Softex untuk meningkatkan kesadaran tentang kebersihan menstruasi melalui Menstrual Hygiene Day.” ungkap Elizabeth Kurniadi, Brand Manager Softex.

Menstrual Hygiene Day adalah event internasional yang diperingati pada tanggal
28 Mei sejak tahun 2014 yang diinisiasikan oleh lembaga ­non-profit asal Jerman bernama WASH, dengan tujuan meningkatkan kesadaran wanita di seluruh dunia untuk menjaga kebersihan selama menstruasi.

Softex Indonesia turut merayakan Menstrual Hygiene Day 2021, sekaligus melanjutkan misi edukasi kepada wanita Indonesia dengan mengadakan kegiatan mengunjungi Lapas Wanita dan Panti Asuhan yang dilaksanakan pada tanggal 20-21 Mei 2021.


Kunjungan ke Lapas Wanita Klas II A di Tangerang bertujuan untuk memberikan donasi kebutuhan menstruasi sekaligus memberikan edukasi mengenai kebersihan area kewanitaan selama menstruasi. Sementara, kunjungan ke Panti Asuhan di Kawasan Jakarta yakni Panti Asuhan Putra Utama 1, Duren Sawit, Jakarta Timur dan Panti Asuhan Katolik Pelayanan Kasih Bhakti Mandiri, Cibubur, Jakarta Timur selain memberikan donasi juga menggelar kegiatan Healthy Talkshow dengan menghadirkan Dokter Spesialis OBGYN, dr. Bram Pradipta SPOG sebagai narasumber dengan membahas mengenai kebersihan menstruasi.



dr. Bram Pradipta, SPOG
sebagai dokter spesialis Obygyn mengatakan, “Menjaga kebersihan area kewanitaan masih menjadi hal yang perlu diperhatikan. Upaya yang harus terus kita lakukan adalah dengan menerapkan pola hidup bersih selama masa menstruasi. Perlu adanya penangan, pemilihan dan penggunaan produk yang tepat guna menjaga dan merawat kebersihan serta kesehatan area kewanitaan.”

“Kami berharap dengan diadakannya kegiatan tersebut dapat mengedukasi serta memberikan informasi bermanfaat kepada para wanita yang berada di Lapas Wanita maupun remaja putri di Panti Asuhan untuk selalu ingat dan menjaga kebersihan area kewanitaan terutama pada masa menstruasi.“ tutup Elizabeth Kurniadi.



Sebagai anggota baru keluarga Kimberly-Clark setelah akusisi, PT Softex Indonesia memiliki misi untuk mengatasi tantangan sosial dan lingkungan pada tahun mendatang dengan komitmen untuk meningkatkan kehidupan dan kesejahteraan 1 miliar jiwa pada komunitas yang kurang mampu di seluruh dunia dengan hanya mengeluarkan jejak lingkungan terkecil. Sampai jumpa di Menstrual Hygiene Day tahun depan!

 

 

Other Articles