Berat Badan Turun, Tapi Tetep Makan Enak? Coba Metode Diet Ini Aja!

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

07 September 2020

Share artikel ini:

Siapa di sini yang hobi cobain segala metode diet biar kurus?

Sebenarnya, arti diet itu sendiri adalah mengatur pola makan untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, Girls. Tapi diet juga bisa bertujuan untuk mengontrol berat badan agar sesuai dengan tubuh kamu. Jadi diet yang benar itu bukan asal ga makan dan jadi kurus berlebihan, namun lebih mengontrol pola makan agar tubuhmu jadi lebih sehat.

Semenjak pandemi, mulai banyak tren-tren diet yang bermunculan nih. Bukan cuman mengatur makanan yang harus dikonsumsi, tapi ada juga metode diet yang mengatur waktu makan, lho!

Apa aja ya tren diet saat ini? Yuk, kita lihat!

 

1. Intermittent Fasting

Intermittent fasting atau diet puasa lebih fokus mengatur waktu dan pola makan dibandingkan jumlah asupannya, Girls. Selain menurunkan berat badan, diet ini juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh juga, lho! Mereka yang sudah melakukan diet ini pun merasa lebih sehat serta lebih berenergi dibandingkan metode diet lainnya.

Untuk melakukan diet intermittent fasting ada 2 cara, yang pertama adalah The 16/8 yaitu 16 jam waktu untuk puasa atau nggak makan, sedangkan 8 jam sisanya adalah waktu yang diperbolehkan untuk makan. Jadi, kalau kamu menentukan 8 jam waktu makanmu dari jam 7 pagi sampai jam 3 sore, berarti setelah jam 3 sore kamu akan berpuasa sampai 16 jam ke depan. Lalu, mulai makan lagi jam 7 pagi keesokan harinya. Untuk cara ini, kamu harus konsisten menentukan jam makan kamu agar proses diet bisa maksimal ya! 

Kedua, The 5:2 yaitu 2 hari dalam 1 minggu kamu hanya bisa mengonsumsi maksimal 500 kalori untuk perempuan, sedangkan untuk laki-laki sebanyak 600 kalori. Nah, 5 hari lainnya kamu bisa kembali makan dengan porsi normal deh. Namun saat berpuasa, kamu masih diperbolehkan kok untuk mengonsumsi minuman yang nggak memiliki kalori, seperti air putih ataupun kopi hitam.

 

2. Plant-Based 

Plant-based sebenarnya salah satu metode diet yang mengonsumsi makanan nabati, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan yang menjadi fokus utamanya. Sementara, makanan yang harus dihindari dalam plant based diet, antara lain makanan yang diproses, makanan manis, makanan yang mengandung banyak gula atau garam, serta makanan berlemak atau berminyak. 

Tapi ternyata ada pemahaman yang berbeda nih tentang diet ini. Sebagian orang menganggap diet ini sebagai diet vegan yang menghindari semua asupan hewani. Sementara sebagian yang lainnya menganggap walaupun asupan utamanya adalah nabati, tapi masih diperbolehkan untuk mengkonsumsi daging, ikan ataupun produk susu. Jadi diet ini terbilang fleksibel karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu, Girls. Lagi pula, diet ini berfokus pada makanan utuh yang menyehatkan kok, bukan makanan olahan. 
Selain menurunkan berat badan, diet plant-based memiliki banyak manfaat, lho! Salah satunya menurunkan resiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Wah, beneran bikin tubuh lebih sehat ya!

 

3. 80/20 Rule

Ada yang udah pernah dengar tentang diet 80/20 Rule, Girls? Diet 80/20 adalah metode diet yang mengatur pola makan kamu dengan cara mengonsumsi 80% makanan sehat dan 20% lainnya kamu bisa mengonsumsi makanan yang kamu sukai. Jadi kalau dalam seminggu kamu sudah mengonsumsi makanan sehat selama 6 hari, berarti 1 hari sisanya kamu bisa mengonsumsi makanan yang kamu mau. Seru kan, Girls?

Oh iya, diet 80/20 Rule bukan hanya digunakan untuk menurunkan berat badan, Girls. Tapi juga bisa menurunkan risiko kita untuk terjangkit penyakit tekanan darah tinggi, jantung, kanker, dan penyakit kronis lainnya. Namun perlu diingat nih, Girls, jangan sampai kamu kalap pas lagi mengonsumsi makanan yang kamu sukai ya, karena diet yang baik itu tetap mengacu pada porsi seimbang sesuai kebutuhan kalorimu.

 

Jadi gimana, Girls? Tertarik untuk coba metode-metode diet baru ini?

Untuk mempercepat proses diet, tetap memperhatikan pola makan seimbang yang disertai dengan olahraga secara rutin ya, Girls. Dan sebelum melakukan diet, jangan lupa konsultasikan kondisimu dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu, dan pastikan kamu selalu mendapatkan nutrisi yang cukup ya. Semoga bermanfaat, Girls!

 

Sumber:

https://www.sehatq.com/artikel/intermittent-fasting-cara-ampuh-turunkan-berat-badan-dengan-puasa

https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/panduan-menjalani-diet-puasa-intermittent-fasting/#gref

https://cantik.tempo.co/read/1256787/mau-berat-badan-dengan-diet-intermittent-fasting-kenali-6-metode/full&view=ok

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/05/31/162823920/mengenal-intermittent-fasting-pola-diet-untuk-turunkan-berat-badan?page=all.

https://www.sehatq.com/artikel/mengenal-lebih-jauh-plant-based-diet-yang-menyehatkan

https://parenting.orami.co.id/magazine/diet-plant-based/

https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/panduan-menjalani-diet-8020/

Other Articles