Susah tidur pas haid? Bikin tidur kamu lebih nyaman dengan ini!

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

31 August 2022

Share artikel ini:

Foto: Freepik by KamranAydinov
Tau nggak sih hampir semua perempuan mengalami kondisi susah tidur di malam hari ketika haid. Susah tidur merupakan salah satu gejala Pre Menstruation Syndrome (PMS), yang terjadi karena perubahan hormon saat haid. Kalau dibiarkan bisa mengganggu konsentrasi dan aktivitas kamu di pagi hari, lalu gimana cara mengatasinya ya? Yuk simak tipsnya dibawah! 

1. Set bedtime alarm
Kamu bisa mengatur jadwal tidur secara konsisten, agar membantu kamu terbiasa tidur di waktu yang sama. Menurut National Sleep Foundation, setiap orang harus memiliki jadwal tidur yang konsisten. Untuk itu kamu bisa set jam tidur kamu dan bangun kamu di alarm. Matikan hp ketika tidur, supaya tidur kamu bisa lebih berkualitas. 

Foto: Freepik by gpointstudio
2. Relaksasi sebelum tidur 
Sempatkan untuk relaksasi sebelum tidur, agar bisa tidur lelap dan lebih rileks. Kamu bisa melakukan relaksasi dengan cara mandi air hangat, membaca buku, menggunakan aromatherapy atau meditasi sebelum tidur. 
3. Atur suhu kamar
Suhu tubuh kita saat haid meningkat daripada biasanya. Untuk itu kamu perlu mengatur suhu kamar agar tetap sejuk. Menurut dr. Karen Duncan, seorang ahli kandungan asal New York, Amerika Serikat bahwa satu dari beberapa alasan seseorang mudah mengantuk adalah karena suhu lingkungan yang semakin menurun (dingin).   
4. Pakai pembalut nyaman
Agar tidur kamu lebih nyaman pastikan menggunakan pembalut dengan bahan yang lembut, seperti Softex Comfort Night, memberikan kenyamanan bintang 5, selembut kapas, daya serap lebih cepat dari pembalut biasa, ampuh cegah bocor, kering dalam 1 detik. Guna mencegah gelisah di malam hari, tidur kamu bisa nyenyak semalaman. 


Babes, punya pertanyaan atau mau share pengalaman seputar haid? Yuk langsung DM kita di IG @softexpedia, nanti kita bahas bareng ahlinya dr. Bram Sp.OG.

Other Articles