Tidur serba salah saat haid? Coba 3 posisi ini yuk!

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

31 August 2022

Share artikel ini:

Foto: Freepik 


Saat haid sering kali kita susah tidur, serba salah karena merasa nggak nyaman. Dilansir dari
Sleep foundation, perubahan hormon yang terjadi sebelum dan selama haid menyebabkan kondisi suhu tubuh lebih hangat, perasaan cemas dan stress serta kram perut hingga rasa nyeri payudara. Kondisi itulah yang menyebabkan kita mengalami susah tidur ketika haid. 

Kondisi ini kalau dibiarkan bisa mengganggu aktivitas dan konsentrasi karena kurang tidur. Tapi nggak usah khawatir kamu bisa coba 3 posisi tidur dibawah ini untuk membantu tidur lebih nyaman serta mengurangi nyeri haid. 


1.Posisi fetal atau janin. 


Foto: Freepik

Kamu bisa mencoba posisi tidur ini dengan memposisikan tubuh menyamping sekaligus menekuk kaki, lutut sejajar dengan dada. 
Kondisi ini memiliki manfaat untuk tubuh. Karena mampu melemaskan otot-otot sekitar perut dan bokong, serta mengurangi ketegangan dan rasa nyeri sehingga membantu tidur lebih lelap. 
2.Tidur dengan child’s pose yoga. 
Agar tidur lebih rileks kamu bisa mencoba posisi tidur ini dengan melipat tubuh ke depan dan meletakkan kepala di kasur dengan lutut melengkung di bawah.
Posisi ini dapat meringankan rasa sakit kepala yang terjadi saat haid. Selain itu posisi ini juga mampu membuat tubuh dan kepala kamu menjadi lebih rileks.
3. Tidur menyamping. 
Kamu juga bisa tidur dengan posisi menyamping dengan menggunakan bantal dibawah pinggul untuk menopang kelengkungan serviks. Posisi tidur ini bermanfaat untuk membantu merilekskan pinggang yang tegang akibat nyeri haid. 

Selain posisi tidur yang nyaman, pastikan juga kamu menggunakan pakaian yang lembut agar lebih terasa nyaman dan gunakan pembalut #NyamanBintangLima dengan 4000 lubang penyerap, cegah bocor, bikin tidur nyenyak semalaman!


Babes, punya pertanyaan atau mau share pengalaman seputar haid? Yuk langsung DM kita di IG @softexpedia, nanti kita bahas bareng ahlinya dr. Bram Sp.OG.

Other Articles