Lemas hingga Sakit Kepala saat Haid? Bahaya ga ya?

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

14 February 2020

Share artikel ini:

Merasa nggak enak badan karena sakit perut, lemas dan mood swing saat sedang menstruasi? Normal nggak ya? Yuk cari tau keluhan yang sering terjadi saat kamu sedang menstruasi.

 

1. Sakit atau Keram Perut

Keluhan paling sering dialami saat menstruasi pastinya sakit atau keram perut. Hal ini bisa terjadi karena saat menstruasi dinding rahim serta endometrium kita sedang terkelupas dan inilah yang menyebabkan sakit perut. Untuk mengurangi rasa sakit ini, kamu bisa lho mengisi botol dengan air hangat dan meletakkannya di atas perutmu.

 

2. Nyeri pada Payudara

Terkadang beberapa wanita juga merasakan nyeri pada payudara saat sedang menstruasi. Bahkan payudara kamu bisa terasa sangat sakit walau ditekan dengan lembut. Nyeri yang muncul pada payudara ini terjadi karena faktor hormon yang meningkat saat menstruasi, Healthy Women. Jadi, sebaiknya gunakan bra dengan bahan katun yang lembut dan sesuai tubuh badan kamu saat sedang menstruasi untuk mengurangi rasa nyeri ya.

 

3. Sakit Kepala

Sakit kepala karena menstruasi? Hal ini dikarenakan tubuh kita mengeluarkan banyak darah yang mengakibatkan kekurangan zat besi. Kurangnya zat besi ini lah yang dapat memicu sakit kepala saat menstruasi. Kamu bisa mengkompres kepala kamu dengan air dingin selama 10 menit untuk mengurai sakit kepala.

 

4. Mood Swing

Siapa yang kalo lagi menstruasi kerjaannya marah-marah mulu? Masih banyak orang yang ga percaya kalo menstruasi bikin mood swing lho! Nyatanya saat kita sedang menstruasi, kadar hormon estrogen kita terjadi perubahan secara signifikan dan hal ini lah yang membuat suasana hati kita mudah berubah dan menjadi lebih sensitif. Agar kamu tidak mudah mood swing, coba deh untuk mulai mengatur pola tidurmu dan perbanyak minum air mineral ataupun jus saat menstruasi Healthy Women.

 

Nah Healthy Women, ternyata keluhan seperti sakit perut, nyeri pada payudara, sakit kepala, dan mood swing merupakan hal wajar yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon saat menstruasi. Akan tetapi, tetap selalu jaga kesehatan tubuhmu dengan makan-makanan yang sehat dan olahraga ya, karena saat menstruasi tubuhmu akan lebih rentan terkena penyakit. Semoga bermanfaat Healthy Women!

Other Articles