Kenapa Vagina Bisa Terasa Gatal?

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

20 May 2022

Share artikel ini:

Photo by Barabasa from iStock

Girls
, kamu pernah nggak ngalamin rasa gatal di area vagina? Rasa gatal di area tubuh manapun bisa bikin kamu ngerasa nggak nyaman, apalagi di area sensitif seperti vagina. Banyak lho penyebab yang bisa nimbulin rasa gatal di area vagina, dari masalah keringat sampai masalah kesehatan yang lebih serius.

Yuk, cari tahu penyebabnya pada penjelasan berikut ini!

Apa Penyebabnya?
Ada beberapa penyebab yang bisa menimbulkan rasa gatal pada vagina salah satunya adalah iritasi. Iritasi bisa disebabkan dari penggunaan bahan kimia pada vagina, misalnya seperti sabun mandi, krim pelembut pakaian, tisu toilet, sampai kontrasepsi topikal.
 
Penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis juga dapat menyebabkan rasa gatal dan kemerahan pada vagina. Selain itu, infeksi jamur vagina juga menjadi alasan umum. Infeksi jamur bisa terjadi karena ragi Candida albicans yang hidup alami di vagina tapi berkembang secara liar.
 
Tak hanya itu, stress juga bisa menimbulkan rasa gatal lho girls! Ketika mengalami stres, sistem kekebalan tubuh kita akan melemah dan membuat tubuh jadi rentan terkena infeksi, salah satunya infeksi pada vagina.
 
Ada juga beberapa kasus langka dari rasa gatal yang merujuk ke kanker vulva di area luar vagina. Beberapa gejala dari kanker vulva ini adalah rasa gatal, pendarahan yang tidak normal, dan nyeri di area vulva.
 
Cara Mencegah dan Mengatasi Rasa Gatal


Photo by Any Lane from Pexels

Untuk menghindari rasa gatal di area vagina, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini ya girls! Pertama, gunakan pakaian dalam berbahan katun agar dapat menyerap keringat dan sirkulasi udara tetap lancar. Pakaian dalam yang mudah menyerap keringat juga akan mencegah munculnya jamur.
 
Jika kamu menggunakan produk berbahan kimia di area vagina, hentikan pemakaiannya. Rasa gatal bisa terjadi karena alergi saat penggunaan bahan kimia seperti sabun pembersih vagina.
 
Pastikan tubuh kamu mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik, seperti yogurt. Makanan probiotik dapat meningkatkan jumlah bakteri baik pada vagina sehingga mencegah infeksi.
 
Saat masa menstruasi, gunakan pembalut yang memberikan kenyamanan pada vagina kamu. Softex Natural Cool dengan ekstrak daun mint dan daun sirih akan berikan sensasi dingin yang alami. Nggak ketinggalan, Softex Natural Cool dapat menjaga kelembaban vagina dan mencegah bau.
 
Kunjungi Dokter untuk Pemeriksaan Lebih Lanjut

Photo by Thirdman from Pexels

Kalau kamu sudah melakukan berbagai cara namun tak kunjung sembuh, sebaiknya kamu mengunjungi dokter ya girls! Rasa gatal pada vagina dalam jangka waktu panjang akan mengganggu aktivitas kamu sehari-hari dan bisa jadi gejala dari masalah yang lebih serius.
 
Kamu juga dianjurkan untuk mengunjungi dokter sesegera mungkin, jika mengalami rasa gatal bersamaan dengan gejala lainnya seperti:
  • Bisul atau lecet pada vulva
  • Rasa sakit atau nyeri di area genital
  • Kemerahan atau bengkak pada vagina
  • Kesulitan buang air kecil
  • Keputihan yang tidak normal
Kamu punya pengalaman miss v gatal sampai bikin bete? Yuk, share pengalaman kamu dan cara kamu mengatasinya di Instagram @womenhealthypedia!
 
 

Other Articles