Daun Mint, Cara Alami Hilangkan Nyeri Akibat Haid

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

30 May 2022

Share artikel ini:

Photo by Sora Shimazaki fro Pexels

Girls, kamu pasti sering mengalami perubahan fisik dan emosi saat menstruasi. Bener nggak nih? Saat menstruasi, tubuh kita mengalami perubahan kadar hormon yang bikin perubahan secara fisik dan emosi. Misalnya saja, sakit kepala, nyeri di bagian perut, dan lainnya.
Setiap perempuan bisa ngalamin nyeri haid yang berbeda-beda lho, ada yang sakitnya sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, ada juga yang nggak ganggu sama sekali. Ada berbagai macam cara mengatasi nyeri haid bermunculan. Tapi, tahu nggak kamu kalau aroma mint pada daun mint bisa mengurangi nyeri haid?

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

Mungkin selama ini kamu lebih sering menemukan daun mint pada makanan atau minuman, yang gunanya untuk memberikan sensasi segar. Tapi ternyata, daun herba yang satu ini juga punya sejumlah manfaat buat kesehatan tubuh lho!
Daun mint diketahui sebagai salah satu tanaman yang punya sumber vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Daun mint juga kaya akan antioksidan untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Tak hanya itu, daun mint bisa mengurangi rasa mual, sakit kepala dan nyeri selama menstruasi.

Daun Mint dan Menstruasi


Photo by Anastasia Martynova from Pexels

Sejumlah manfaat daun mint didapat dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Kandungan dari daun mint adalah mentol (mentha piperita L), menton, dan metil asetat. Senyawa tersebut terdapat pada daun mint sekitar 73-85%. Selain itu, monoterpen, menthofuran, flavonoid, karotenoid, tannin, dan mineral lainnya juga terdapat pada daun mint.

Cara kerja mentol untuk mengurangi nyeri haid adalah dengan menghambat prostaglandin dan oksitosin dalam rahim. Kedua senyawa itu berperan dalam proses peradangan sehingga menyebabkan rasa nyeri. Kandungan mentol ini punya efek anti nyeri yang bisa mengurangi rasa sakit kamu saat haid.

Untuk menggunakan daun mint sebagai penghilang rasa nyeri haid, kamu bisa mengkonsumsi daun mint kering ataupun segar. Caranya mudah kok, kamu cukup merebus daun mint segar, diamkan selama satu menit dan setelah matang, saring air rebusannya dan siap untuk diminum. Untuk cara lainnya, kamu bisa mencampurkan daun mint ke dalam teh. Minum teh mint tersebut satu hingga dua cangkir sehari ya.


Photo by Mikhail Nilov from Pexels

Kalau kamu menghindari penggunaan obat anti nyeri, kamu juga bisa kombinasikan daun mint dengan teknik relaksasi pernapasan. Latihan pernapasan ini dapat mengurangi konsumsi oksigen, frekuensi pernapasan, frekuensi jantung, dan ketegangan otot, yang akan mengurangi nyeri saat haid.
Informasi tambahan, selain untuk menghilangkan nyeri haid, daun mint juga bisa digunakan untuk menjaga kelembaban dan menghilangkan bau saat menstruasi lho. Softex Natural Cool dengan ekstrak daun mint dan daun sirih akan memberikan sensasi dingin dan mencegah bau tidak sedap.

Ternyata, banyak ya girls manfaat dari daun mint untuk kita. Yuk temukan informasi bermanfaat lainnya mengenai menstruasi di Instagram @womenhealthypedia!

Other Articles