Jangan Khawatir! Kamu Bisa Nikmati Liburan Akhir Tahun Tanpa Takut Gemuk

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

13 March 2019

Share artikel ini:

Libur Natal dan Tahun Baru memang kerap dibanjiri dengan undangan berbagai pesta yang "mampir" ke dalam agenda akhir tahunmu. Dari satu pesta ke yang lainnya, yang ujung-ujungnya "memaksa" kamu melahap berbagai makanan. Alhasil, kamu khawatir badan membengkak akibat gagal diet. Eits, jangan panik! Ikuti saja cara di bawah ini untuk menikmati hidangan-hidangan yang tersaji tanpa makan berlebihan.


1. "Siapkan" Perut Sebelum Pesta

Datang ke pesta dalam keadaan lapar adalah ide buruk, dear. Dalam keadaan lapar, kita justru cenderung akan melahap makanan dengan kandungan gula dan karbohidrat. Seperti yang kita tahu, kedua kandungan itu adalah "musuh" besar bagi kamu yang sedang menjalani diet dan tak ingin berat badan melonjak drastis. Jadi sebaiknya, kamu bisa "siapkan" perut dulu di rumah sebelum berangkat. Tidak perlu banyak, hanya cukup untuk buat kamu merasa terisi. Dengan begitu, kita akan cepat merasa kenyang dan tak kalap mencoba semua makanan yang tersedia di atas meja.


2. Minum Air Yang Cukup

Tahukah Healthy Women, terkadang saat kamu merasa lapar, bukan selalu tanda harus makan melainkan bisa juga berarti dehidrasi? Ini jadi salah satu reaksi tubuh dalam mengirimkan sinyal karena kekurangan cairan. Siasati dengan mengonsumsi 1 atau 2 gelas air putih sebelum makan untuk mengatur perut agar tidak terlalu kosong. Karena air ternyata juga bisa memberikan rasa kenyang sementara. Cara ini dianggap tak kalah jitu untuk meredam hasrat makan berlebih kamu, darling.


3. Luangkan Waktu Untuk Olahraga

Habis olahraga, datang ke undangan pesta makan malam? Ya, percuma saja dong kalori yang terbakar? Well Healthy Women, coba deh pikiran kembali, apa tujuan kamu untuk berolahraga? Selain tubuh sehat pastinya demi berat badan yang ideal, bukan? Karena itu, kamu akan lebih termotivasi untuk membuat pilihan yang lebih sehat soal makanan (dan tentunya dalam porsi wajar) agar kerja keras tidak terbuang secara sia-sia. Tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam di gym. Kalau malas gerak, kamu bisa melakukan high-intensity interval training (HIIT) selama 15 menit di rumah. Atau kalau mau lebih gampang, berdansa saja di pesta!


4. Gunakan Piring Kecil Saat Makan

Saat mengantri untuk mengambil makanan buffet, kamu diberikan opsi untuk menggunakan salad plate atau dinner plate. Dalam situasi ini, pilihlah ukuran piring yang lebih kecil. Dengan begini, otomatis porsi yang kamu ambil pun akan "secukupnya" dan tidak berlebihan. Selain itu, (ini paling penting!) usahakan pula untuk tidak menambah porsi saat makan ya.


5. Pilih Makanan Berprotein dan Serat

Who can say no to dessert? Godaan makanan manis ini memang terlalu tinggi untuk dihindari, bahkan dalam keadaan diet sekalipun. Tapi kamu jangan khawatir, Healthy Women! Siasati dengan protein dan serat yang cukup. Pasalnya, protein memiliki peranan baik dalam meminimalisir lonjakan gula darah sekaligus meningkatkan metabolisme tubuh dalam membakar lemak. Sedangkan serat, akan buat kamu merasa kenyang lebih cepat. Dengan begitu, kita pun tak akan kalap untuk melahap makanan secara berlebihan untuk membatasi asupan kalori dan lemak ke dalam tubuh.


6. Cerdas Mengonsumsi Alkohol

Rasanya hampir tidak mungkin merayakan pesta akhir tahun tanpa menikmati alkohol. Meskipun kamu tahu kalau alkohol justru bisa bikin berat badan bertambah. Apalagi saat kamu konsumsi dalam keadaan perut kosong. Zat kimia dalam alkohol akan menghambat sinyal ke otak untuk memberi tahu tubuh kalau kamu sudah kenyang. Hasilnya? Nafsu makan yang melonjak! Nah, kalau begitu kamu harus cerdas saat memilih alkohol. Kamu bisa memilih yang low-sugar dan clear seperti vodka dan soda atau gin dan tonic dibandingkan alkohol berwarna dan berkalori tinggi seperti wine dan cocktail. Dan pastikan juga kamu mengonsumsinya usai menyantap makanan ya. Karena, makanan akan menurunkan kemampuan tubuh untuk menyerap alkohol, jadi kamu dapat berpikir dengan lebih jernih dan tidak beranjak untuk porsi kedua dan seterusnya.
Nah, Healthy Women itulah trik yang bisa kamu lakukan agar tidak takut menaiki timbangan usai liburan. Now, happy holiday and enjoy the party!

Other Articles