Bener nggak sih Kalau Buah Nanas dapat Mengurangi Nyeri Saat Haid? Intip Yuk Infonya!

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

16 September 2019

Share artikel ini:

Healthy Women, kamu sudah tahu belum sih kalau buah nanas memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh? Selain rasanya yang manis namun rendah kalori, buah tropis ini juga memiliki banyak vitamin, enzim, dan antioksidan lho. Kandungan bahan alami dalam buah nanas dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mempertahankan kekuatan tulang, dan mengatasi gangguan pencernaan.

Seorang ahli gizi dari San Diego, Laura Flores, mengatakan kalau kandungan zat gizi pada buah nanas terletak pada Vitamin C dan Mangan. Nah Healthy Women bagi kamu yang belum tahu, Mangan merupakan zat antioksidan yang mampu mengeluarkan radikal bebas dari dalam tubuh. Vitamin C dalam buah nanas merupakan jenis antioksidan utama yang larut dalam air dan berfungsi untuk melawan kerusakan sel tubuh, seperti mengurangi risiko penyakit jantung atau nyeri sendi. Selain itu, Nanas juga mengandung Enzim Bromelain dan Vitamin B yang baik untuk memproduksi energi dalam tubuh.

Lalu, bagaimana buah nanas bisa mengurangi sakit saat PMS? Ini karena buah nanas mengandung Mangan. Rendahnya kandungan Mangan dalam tubuh adalah salah satu penyebab rasa sakit saat PMS. Karena itu, dr. Phyllis Johnson dari U.S. Department of Agriculture’s Human Nutrition Center di Dakota Utara, menyarankan untuk meningkatkan asupan makanan dengan sumber Mangan, salah satunya adalah buah nanas.

Antioksidan pada buah nanas juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan akut yang menjadi penyebab kram perut saat kamu menstruasi. Selain itu, Enzim Bromelain yang ada dalam buah ini bisa melembutkan lapisan rahim kamu agar sakit perut yang kamu alami saat PMS dapat berkurang.

Buah nanas juga dapat membantu mempercepat proses menstruasi kamu lho Healthy Women! Kandungan alami buah nanas bisa mempercepat proses peluruhan dinding rahim kamu sehingga periode menstruasi kamu lebih cepat. Buah Nanas juga dikenal dapat meningkatkan sel darah merah dan sel darah putih sehingga menstruasi menjadi lebih lancar.

So, Healthy Women jika kamu mengalami nyeri di perut saat menstruasi,  kamu bisa coba nih untuk mencoba makan buah nanas! Tapi mengkonsumsinya jangan berlebihan ya, karena hal apapun yang berlebihan memang tidak baik untuk tubuh kamu. Selamat mencoba!

Other Articles