Jangan Dibuang! Manfaatkan Skincare Ini Meski Sudah Kadaluarsa

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

23 April 2021

Share artikel ini:

Sebagai wanita, menjaga dan memerhatikan kesehatan kulit adalah salah satu hal penting yang tak boleh dilewatkan. Makanya, penggunaan skincare menjadi salah satu rutinitas kecantikan yang wajib dijalani. Berbicara soal skincare nih Healthy Women, bukan hanya kandungan dan khasiatnya saja lho yang perlu diperhatikan. Namun juga batas kadaluarsa produknya. Ya! Setiap produk skincare dalam bentuk apapun akan memiliki batas kadaluarsa.
Batas kadaluarsa setiap skincare pun beragam, tergantung dengan jenis kandungan, tekstur, dan juga kemasannya. Namun jika skincare yang kamu miliki di rumah sudah melewati batas kadaularsa, jangan langsung dibuang. Karena ternyata, beberapa jenis skincare yang sudah kadaluarsa pun masih memiliki manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Penasaran produk apa saja dan manfaatnya? Simak ulasannya berikut ini.

  • Pembersih Wajah

Sumber foto : Pixabay.com


Setiap sehabis menjalankan aktivitas yang padat, tentu Healthy Women akan membersihkan wajah dengan pembersih wajah, seperti micellar water atau makeup remover yang berbasis oil. Namun jika sudah melewati batas kadaluarsa atau merasa tidak cocok dengan kulit, jangan langsung dibuang. Kamu bisa memanfaatkannya untuk membersihkan perabotan rumah berbahan porselen. Caranya, cukup tuangkan micellar water ke lap kering yang akan digunakan, kemudian lap permukaan porselen untuk mengangkat debu dan bercak mengering di perabotan rumah.
Selain itu, pembersih wajah juga bisa digunakan untuk membersihkan kuas makeup. Healthy Women cukup tuangkan micellar water ke dalam wadah, celupkan saja kuas makeup yang ingin dibersihkan. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih.

 

  • Moisturizer

Sumber foto: Pexels.com/Moose Photos


Produk skincare ini sangat diandalkan untuk mengatasi masalah dehidrasi pada kulit. Namun, ada kalanya pelembap yang kamu beli tidak cocok di kulit atau malah jarang digunakan hingga akhirnya sudah kadaluarsa.
Daripada terbuang sia-sia, lebih baik dimanfaatkan untuk merawat hal lain, seperti beragam jenis aksesori yang terbuat dari kulit. Yup, tas atau sepatu kulit, hingga aksesori berbahan kulit lainnya harus dijaga kelembapannya agar tidak dihinggapi jamur dan menjadi rusak. Namun perhatikan lagi jenis pelembap yang hendak digunakan untuk perawatan aksesori kulit. Jangan sampai mengandung pemutih, Healthy Women. Hal ini bertujuan untuk mencegah warna kulitnya luntur.

 

  • Toner

Setelah wajah dibersihkan, banyak orang yang melupakan toner. Padahal, toner sangat dibutuhkan untuk mengembalikan pH kulit agar kembali seimbang. Namun jika toner masih tersisa banyak dan sudah melewati kadaluarsa, lebih baik jangan digunakan lagi. Manfaatkan toner kadaluarsa untuk membersihkan beberapa barang dan perabotan rumah.
Jika toner yang Healthy Women miliki mengandung alkohol, bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kaca atau cermin yang sudah penuh dengan bercak. Cara ini efektif membuat kaca dan cermin kembali terlihat bersih. Sedangkan jika toner yang dimiliki tidak mengandung alkohol, bisa dimanfaatkan untuk membersihkan sepatu dan furniture.

 

  • Cleansing oil

Sumber: Pixebay


Agar pembersihan wajah semakin maksimal, cleansing oil digunakan untuk mengangkat sisa makeup yang bersifat waterproof. Namun jika ternyata sudah melewati masa kadaluarsa, ada cara lain untuk memanfaatkan cleansing oil ini. Misalnya saja dengan menjadikannya scrub untuk badan.
Healthy Women cukup campurkan cleansing oil dengan gula. Lalu usap ke tubuh layaknya menggunakan body scrub. Fungsinya, tidak hanya sekadar membuat kulit tubuh menjadi lebih lembut, namun juga mengangkat sel kulit mati pada bagian siku, lutut, dan permukaan kulit. Selain itu, cleansing oil ini juga dapat bermanfaat untuk digunakan pada furniture yang terbuat dari kayu agar kilapnya tetap terjaga.

 

  • Sunscreen

Sumber foto: pixabay.com/ chezbeate


Sebisa mungkin Healthy Women selalu menggunakan sunscreen sebelum keluar rumah. Hal ini mencegah kulit terkena paparan sinar UV yang memiliki dampak buruk. Namun terkadang kamu lebih memilih menggunakan produk makeup yang sudah mengandung SPF daripada sunscreen. Akibatnya, jadi kadaluarsa dan meninggalkan sisa yang banyak.
Daripada dibuang, sunscreen yang kadaluarsa masih bisa digunakan untuk membersihkan bekas dari sticker, selotip, hingga permen karet. Kamu hanya perlu menggunakan sunscreen pada permukaan yang ingin dibersihkan dengan kain kering. Seketika permukaan tersebut akan jadi lebih bersih.

 

  • Krim Wajah

Banyak manfaat yang akan didapatkan jika rajin menggunakan krim wajah setiap hari. Namun jika krim wajah yang digunakan tidak cocok atau sudah melebihi batas kadaluarsa lebih baik digunakan untuk membersihkan sepatu.
Krim wajah ini sangat efektif untuk membuat sepatu terlihat lebih mengkilap, terutama pada sepatu berwarna. Oleskan saja krim wajah pada sepatu. Seketika, sepatu akan lebih mengkilap dan nampak seperti baru.
Jadi kini sebelum terbuang sia-sia, maka cermatlah untuk memanfaatkan produk skincare yang kadarluasa. Dengan memanfaatkan secara optimal, maka akan meminimalisir sampah yang pada akhirnya juga dapat merusak lingkungan.

Other Articles