Bahaya Nggak Sih Kalau Warna Darah Haid Kamu Berwarna Gelap?

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

18 October 2019

Share artikel ini:

Healthy Women, Normalnya darah haid yang biasanya kamu keluarkan berwarna merah kan? Tapi bagaimana jika warma darah haid kamu tiba - tiba menjadi berwarna kehitaman? Jangan Khawatir, Ini nih alasan kenapa saat kamu menstruasi warna darah yang dikeluarkan bisa bervariasi! 

Menstruasi memang biasanya mulai dialami saat kamu beranjak usia 11 – 14 tahun. Dan berlangsung selama 3 - 5 hari dengan jarak menstruasi sekitar 21 - 35 hari sekali. Ketika  kamu menstruasi, darah haid akan dikeluarkan dari vagina kamu. Darah ini bercampur dengan lapisan rahim yang luruh karena tidak adanya pembuahan sel telur oleh sperma.

Para ahli berpendapat bahwa darah menstruasi seharusnya berwarna merah terang, seperti buah ceri ranum. Nah, Healthy Women, setiap orang memiliki warna darah haid yang berbeda – beda, tergantung pada tingkat kekentalan atau volume darah. Namun, secara umum warna darah seperti ceri menandakan kalau menstruasi kamu teratur dan sehat. Warna merah terang ini biasanya terlihat pada hari pertama dan kedua saat kamu mulai menstruasi karena darah yang keluar di saat itu masih segar dan alirannya yang cukup deras.

Selain itu, warna dan konsistensi darah menstruasi kamu juga dapat bervariasi. Terkadang darah haid yang kamu keluarkan bisa cair dan sedikit, tetapi bisa juga mengental dan keluar dengan aliran yang deras. Kamu pasti juga sering menemukan darah haid yang berwarna merah terang, cokelat, atau berwarna gelap. Nah, darah haid yang berwarna hitam atau cokelat tua merupakan darah haidyang sudahlamaataudarah yang tersisa dari menstruasi pada bulan lalu,darah yang terjebak cukup lama di rahim, akan melepaskan oksigen, yang membuat sel darah rusak dan keluar dalam warna gelap seperti cokelat atau kehitaman. Tapi kamu nggak usah khawatir! Justru dengan keluarnya darah haid yang berwarna sangat gelap berarti tubuh kamu sedang berusaha untuk membersihkan diri.

Healthy women, selain itu, gangguan hormon yang sifatnya tidak permanen juga bisa menyebabkan perubahan warna darah haid menjadi gelap,dan juga ada beberapa faktor masalah kesehatan tertentu seperti, keguguran, terhambatnya aliran darah dari uterus ke Miss V, uterus yang tidak kembali ke ukuran aslinya setelah meregang saat hamil, atau menopause. 

Nah,bagaimana cara untuk menjaga darah haid agar tetap normal? kamu harus menjaga pola makan serta menghindari makanan yang dapat memicu perubahan hormon. Dan perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung zat besi dan kalsium yang bermanfaat untuk menenangkan dinding rahim. Jangan lupa juga untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih dan olahraga secara teratur juga penting agar kamu terhindar dari stress.

Other Articles