Emang Bener Ya Vaksin Covid-19 Bisa Mengubah Siklus Menstruasi?

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

18 September 2021

Share artikel ini:

Photo by Gustavo Fring from Pexels

Sejauh ini, secara umum efek samping yang dirasakan setelah kita menerima vaksin Covid-19 itu biasanya demam, sakit kepala, dan nyeri di bekas suntikan. Namun ternyata ditemukan nih beberapa laporan yang merasakan perubahan sementara siklus menstruasi pasca mendapatkan vaksin AstraZeneca, Pfizer, dan Moderna. Perubahan yang dirasakan diantaranya adalah darah haid yang lebih banyak dari biasanya, siklus haid yang terlambat, nyeri yang berlebihan, atau darah haid yang keluar lebih dari seminggu.

Di Inggris sendiri saat ini ada sekitar 27 ribu laporan yang masuk tentang efek samping menstruasi yang dialami setelah vaksinasi Covid-19. Laporan tersebut melaporkan bahwa haid lebih banyak dari biasanya, jadwal menstruasinya tertunda, dan pendarahan vagina secara tidak terduga.


Photo by Chokniti Khongchum from Pexels

Walaupun begitu, perubahan siklus menstruasi belum bisa dicantumkan sebagai efek samping penerimaan vaksin bagi perempuan. Peneliti masih butuh penelitian lebih lanjut untuk memastikan keterkaitan antara siklus menstruasi dan vaksin Covid-19. Sampai saat ini, kesimpulan yang didapatkan adalah gangguan menstruasi bersifat sementara dan maksimal 1-2 siklus yang berubah. Selain itu, tidak ditemukan juga gangguan terhadap kesuburan pasca vaksinasi.

Bagi kamu yang belum menerima vaksin juga tidak perlu khawatir! American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) merekomendasikan bahwa vaksin boleh kok didapatkan oleh perempuan karena manfaat vaksin Covid-19 lebih tinggi daripada efek sampingnya.


Photo by Yan Krukov from Pexels

Yang perlu kamu ketahui adalah perubahan siklus haid itu banyak faktornya alias bisa dipengaruhi oleh banyak hal dari usia, penyakit tertentu, menjalani aktivitas fisik yang berat, sampai tingkatan stress yang kamu punya. Nah, tingkat stress itu juga bisa meningkat jika kamu khawatir terpapar Covid-19 atau takut terhadap jarum saat melakukan vaksinasi. 
 
Seperti itulah informasi terakhir yang ada seputar pengaruh vaksin COVID-19 buat siklus menstruasi yang kita punya. Jadi, jangan khawatir untuk menerima vaksin Covid-19 ya!

 

Other Articles