Cara Tepat Menghadapi Si “Racun”

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

15 November 2019

Share artikel ini:

Healthy Women, dalam hidup ini kamu harus pintar-pintar lho untuk memilih orang terdekat yang bisa dipercaya dan dapat memberikan aura positif untuk dirimu. Karena tak dapat dipungkiri kalau toxic people akan selalu ada di sekitar pergaulanmu dan tidak dapat dihindari. Toxic people alias orang-orang yang “beracun” adalah jenis pribadi yang suka menyusahkan dan merugikan orang lain, baik secara fisik maupun emosional. Mereka memiliki kebiasaan untuk menyombongkan diri, selalu berpikir negatif, suka mengeluh, sering berbohong, dan bahkan mereka cenderung manipulatif lho Healthy Women. Menghadapi pribadi yang toxictentu bukan hal yang mudah, untuk itu, yuk kita hadapi toxic people dengan langkah-langkah bijak dibawah ini!

 

1.Jangan terpaku pada hal-hal/perkataan negatif

Healthy Women, apapun yang kamu lakukan pasti akan selalu ada toxic people yang mencari celah untuk menemukan kesalahanmu dan menilainya dari sisi negatif saja. Namun, jika kamu terpaku pada hal negatif yang mereka katakan, kamu hanya akan kecewa dan marah pada diri sendiri. Untuk itu, kamu hanya perlu menanggapinya dengan senyuman atau anggukan saja. Kamu juga harus bisa menjadi pribadi yang memiliki kecerdasan emosi yang baik agar bisa mengevaluasi diri sendiri, sehingga perkataan negatif yang tidak sesuai dengan kenyataan tidak akan membuatmu menjadi pesimis.

 

2.Berani menolak permintaan yang tidak rasional

Toxic people cenderung bersikap bossy, mereka tidak akan segan untuk menyuruhmu melakukan sesuatu hal yang mereka inginkan, dan jika kamu menolaknya mereka akan merasa tersinggung atau bahkan marah. Oleh karena itu, jika kamu merasa hal yang ia perintahkan  tidak baik, kamu harus berani untuk menolak segala permintaannya yang tidak rasional. Coba lah beranikan diri untuk mengajaknya berbicara agar si toxic person ini tidak berperilaku sesukanya. Namun jika sikapnya tidak kunjung berubah, mungkin inilah saatnya kita mengambil sikap untuk menjaga jarak dengan mereka baik secara mental maupun fisik agar tidak dapat merugikan kedua belah pihak.

3.Kendalikan emosimu dan tetaplah sabar

Toxic people dapat dengan mudah “memancing” emosi kamu dengan perbuatan atau perkataannya, bahkan sering kali mereka membuat kamu menjadi sedih dan down. Maka dari itu penting bagi kita untuk selalu bersikap tenang dan rasional ketika berhadapan dengan toxic people. Usahakan tetap berkepala dingin dan menahan emosi saat kamu sedang menghadapi mereka. Sebaiknya kamu tidak mengukur kebahagiaanmu dengan perkataan dan pendapat dari orang lain ya Healthy Women. So, jadikan kritik dan saran sebagai bahan evaluasi untuk diri kamu.

4.Fokuslah pada tujuanmu 

Pesimis adalah salah satu ciri toxic people, mereka cenderung melihat segala sesuatu dari sisi negatifnya saja. Percayalah setiap orang memiliki tantangan dan masalahnya masing-masing. Namun biasanya seseorang yang toxicakan selalu merasa bahwa dirinya adalah seseorang yang paling banyak masalah dan selalu punya alasan untuk mengeluh. Kamu tidak perlu menanggapi mereka dengan serius Girls, lebih baik kamu lebih fokus pada goal yang sudah lama kamu targetkan saja.

Setelah mengetahui langkah-langkah bijak untuk menghadapi toxic people disekitarmu, yuk coba lah untuk mengubah pengaruh negatif dari mereka menjadi bahan evaluasi untuk diri kamu agar menjadi pribadi yang dapat memberikan pengaruh positif untuk orang lain. Selain itu, dekatkanlah dirimu dengan orang-orang yang dapat menginspirasi dan dapat membuatmu bahagia, bukan yang hanya memicu perasaan sebaliknya. Dan yang terakhir, salah satu faktor yang paling penting ialah cintai dirimu sendiri Girls, pikirkan selalu hal-hal yang positif untuk hidupmu, karena kebahagiaan yang kita rasakan berawal diri kita sendiri. Semoga membantu ya Healthy Women! 

 

Other Articles