Cari tau arti warna darah haid kamu

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

31 August 2022

Share artikel ini:

Foto: Created by freepik

Setiap datang bulan, kamu pernah nggak merhatiin warna darah haid kamu? Apa darah haid yang keluar warnanya berbeda dari biasanya? Normalnya darah haid yang keluar adalah berwarna merah. Namun kamu perlu waspada jika terjadi kondisi darah haid yang berwarna lain daripada biasanya. Karena melalui warna haid ternyata kita bisa mengetahui kondisi kesehatan terutama yang berkaitan dengan organ kewanitaan, atau organ vital kita. Supaya kamu nggak self diagnose, cari tau yuk arti warna darah haid kamu di bawah: 

1.Merah Muda
Darah haid yang berwarna merah muda biasanya muncul pada masa awal haid dan menjelang siklus selesai. Salah satu kondisi yang bisa ditandai dengan darah haid merah muda adalah rendahnya kadar estrogen di dalam tubuh. Apalagi jika alirannya sedikit dan nggak terlalu ‘deras’ di hari-hari pertama haid. Selain itu, olahraga berlebihan atau turunnya berat badan dalam waktu singkat bisa menyebabkan rendahnya kadar estrogen.
2.Merah Gelap
Jika darah haid berwarna merah gelap, kondisi ini terjadi ketika darah tertahan di dalam rahim. Namun juga bisa juga tanda Lokia (pendarahan nifas setelah melahirkan). Selain itu haid yang akan segera berakhir juga ditandai dengan keluarnya darah haid berwarna merah gelap, 
3.Merah Menyala

Foto: Freepik
Umumnya darah haid berwarna merah menyala. Artinya darah yang keluar masih segar dan aliran darah stabil. Warna ini biasanya keluar selama masa haid, atau bisa menjadi lebih gelap ketika haid akan selesai, diiringi dengan jumlah darah yang semakin berkurang. Tetapi waspada ka keluar di luar waktu haid normal. Karena bisa menjadi tanda adanya infeksi tertentu.
4.Orange
Warna haid nggak melulu keluar dengan warna merah, tapi bisa juga berwarna oranye, Kondisi ini juga terjadi ketika darah bercampur dengan cairan serviks sehingga darah haid berwarna merah memudar. Kondisi ini masih berada dalam kewajaran, selama nggak terjadi secara terus menerus, melebihi durasi haid normal kamu dan nggak menyebabkan gatal atau perih di sekitar area miss V. Kamu juga perlu jika merasakan gejala tersebut karena bisa jadi tanda adanya pendarahan implantasi (menempelnya sel telur ke rahim) atau tanda telah terjadi infeksi bakteri. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan jika mengalami kondisi tersebut. 
5.Hitam
Darah haid berwarna hitam merupakan darah lama atau darah haid yang tersisa. Sehingga warna darah haid yang keluar berwarna gelap. Kondisi ini juga biasanya terjadi pada akhir haid, tanda haid akan segera berakhir. 
6.Keabuan
Darah haid yang berwarna keabu-abuan agak hitam, merupakan tanda terkena infeksi rahim, biasanya disertai dengan gejala lain, seperti demam, nyeri, serta gatal di sekitar miss V. Sebaiknya kamu segera konsultasikan ke dokter jika mengalami gejala tersebut. 

Jadi kalau kamu mendapati warna haid yang berbeda jangan panik, apalagi self diagnose ya Babes! Biar hari-hari haid kamu bisa bebas beraktivitas dan bebas gerah, kamu bisa gunakan Softex Natural Cool. Antiseptik dan sensasi alaminya, cegah lembab dan bebas bau!
 

Babes, punya pertanyaan atau mau share pengalaman seputar haid? Yuk langsung DM kita di IG @softexpedia, nanti kita bahas bareng ahlinya dr. Bram Sp.OG.

 

 

Other Articles