Cari Tahu Beberapa Tahapan Tes Kesehatan Sebelum Menikah!

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

10 September 2019

Share artikel ini:

Healthy Women, pernikahan merupakan salah satu momen yang penting untuk wanita. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan menjelang pernikahan, mulai dari menyiapkan dress, venue, catering, seragam keluarga, dan masih banyak lagi. Namun, ada satu hal yang nggak kalah penting nya nih yang harus kamu persiapkan sebelum melaksanakan pernikahan yaitu tes kesehatan sebelum menikah atau kalau bahasa medisnya Pre Marital Check Up. Pemeriksaan ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat penyakit genetik dan menular yang berguna untuk mencegah penularan penyakit dari pasangan dan calon anak kelak. Yuk, intip beberapa tahapan saat tes kesehatan pranikah yang biasa dilakukan!

1.   Pemeriksaan Fisik

Salah satu rangkaian tes kesehatan yang terpenting adalah pemeriksaan fisik, seperti tes riwayat kesehatan dan tes tekanan darah. Pentingnya mengetahui riwayat kesehatan agar mengetahui jika kamu dan pasangan kamu pernah terkena penyakit tertentu sebelum menikah. Tes ini dilakukan agar kamu bisa mempertimbangkan jika kamu berencana untuk hamil nantinya.

2. Pemeriksaan pada Darah dan Urin

Seperti medical check up pada umumnya, tes darah lengkap dan tes urin dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh kamu yang mendalam. Tes darah lengkap ini dilakukan untuk memeriksa golongan darah, kelainan darah, hingga mendeteksi beberapa penyakit seperti Hepatitis, Thalasemia, dan lain lain. Sedangkan Tes Urin bisa mendeteksi penyakit metabolis hingga gangguan yang mungkin terjadi pada organ ginjal, paru – paru, dan kandung kemih.

3. Pemeriksaan TORCH

Pemeriksaan penyakit seperti Toksoplasmosis, Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes yang biasa kita kenal sebagai TORCH guna mengetahui virus penyebab infeksi. Tes TORCH ini nggak boleh kamu lewati karena bisa mempengaruhi kesehatan kamu dan bayi selama kehamilan apalagi bisa berbahaya jika tidak berkembangnya organ – organ tubuh pada bayi. Pemberian Vaksin TORCH sebelum kamu menikah bisa menjaga kamu dari penyakit seperti masalah pendengaran, penyakit kuning dan prematur, dan yang terparah adalah mengalami keguguran.

4. Pemeriksaan Penyakit Menular Seksual

Penyakit seperti HIV, Sifilis, Herpes, Hepatitis, dan penyakit lainnya bisa terdeteksi melalui tes darah dan urine. Penyakit ini bisa menular dari berhubungan seksual dengan pasangan kamu karena tidak ada gejala yang tampak secara nyata jika kamu tidak melakukan pemeriksaan. Kalau sudah terlambat dapat menyebabkan ketidaksuburan pada kamu dan anak kamu nanti loh.

Nah, Healthy Women itu dia beberapa tahapan tes kesehatan yang bisa kamu lakukan sebelum menikah. Pemeriksaan kesehatan pranikah bisa mengetahui kondisi dan risiko masalah kesehatan kamu dan pasangan kamu sehingga kalian bisa mempersiapkan diri dan masa depan bersama dengan lebih baik. Kamu bisa mengkonsultasikan hasil tes kesehatan kamu dan pasangan bersama dengan dokter untuk mencegah dan menghindari terkena penyakit yang tidak kamu inginkan. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati.

 

Other Articles