Waspada! Kurang Tidur Bisa Ganggu Keseimbangan Hormon

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

06 January 2019

Share artikel ini:

Tahukah kamu, tidur memiliki peranan yang sangat besar dalam menjaga kesehatan tubuh. Bahkan sama besar dan pentingnya dengan rutinitas olahraga teratur dan asupan nutrisi baik untuk jaga tubuh semakin sehat. Pasalnya, dengan tidur yang cukup dapat memberi waktu bagi tubuh dalam memperbaiki sel yang rusak, membangun energi untuk esok hari, meningkatkan kekebalan tubuh, dan menjaga keseimbangan hormon.

 

Jadi, bagaimana hubungannya antara kurangnya waktu tidur dan hormon pada tubuh wanita?

Kurang tidur dapat mengganggu ritme sirkadian tubuh, yaitu pola atau ritme tubuh yang membantu mengatur pola tidur, kapan kita merasa lapar, tekanan darah dan suhu tubuh. Akibatnya? Membuat tubuh kamu stres, sehingga dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Kebanyakan hormon dikendalikan oleh hipotalamus dan kelenjar hipofisis - bagian kecil pada otak kita yang bergantung pada ritme sirkadian normal. Nah, saat kamu stres, kerap identik dengan perubahan dan ketidakseimbangan hormon, bukan sekadar hormon seks wanita, yaitu estrogen dan progesteron saja, melainkan semua hormon kita — mulai dari kortisol , insulin hingga melatonin. Sehingga, hal ini kemudian dapat mengganggu kerja tubuhmu.
Bahkan, hanya dengan satu malam saja waktu tidurmu terganggu, ini bisa berdampak pada gangguan gula darah, yang merupakan sumber bahan bakar untuk semua sel tubuh supaya dapat melakukan fungsinya dengan baik, dikeesokan harinya. Alhasil, selain mempengaruhi suasana hati dan tingkat energi, juga dapat menyebabkan gangguan nafsu makan. Parahnya nih healthy woman, akan berakibat pada masalah berat badan dan tentunya gangguan hormon lainnya lho!
Ada lagi nih, menurut penelitian dalam jurnal Nature and Science of Sleep, menjelaskan bahwa gangguan tidur, termasuk obstructive sleep apnea, gangguan tidur yang membuat kamu berhenti bernapas untuk sementara saat tidur, dan rasa kantuk berlebihan di siang hari terjadi lebih sering pada wanita dengan PCOS (Polycystic Ovary Syndrome) dibandingkan dengan kelompok yang tak memiliki masalah hormon. Artinya, kurang tidur dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, dan sebaliknya ketidakseimbangan hormon dapat berkontribusi pada kualitas tidur yang buruk. Akibatnya, wanita dapat mengalami lebih banyak kecemasan, gejala PMS, dan insomnia, yang hanya membuat masalah ketidakseimbangan hormon menjadi lebih buruk. Ouch!

Berapa banyak waktu tidur yang ideal?
Untuk orang dewasa, setidaknya 7 hingga 9 jam adalah jumlah ideal untuk menjaga keseimbangan hormon. Dengan tidur yang cukup, kesehatan kita akan lebih baik dan maksimal. Pasalnya, semua organ yang lelah bekerja tentu membutuhkan waktu istirahat, termasuk otak, kulit, sistem metabolisme, dan hormon

Bagaimana Agar Bisa Mendapatkan Kualitas Tidur?
Healthy women, berikut adalah cara-cara tidur nyenyak yang bisa kamu coba.
?    Membatasi tidur siang
?    Hindari olahraga berat sebelum tidur
?    Hindari konsumsi makanan berat menjelang waktu tidur
?    Hindari kopi atau merokok sebelum tidur
?    Hindari bekerja, nonton TV, dan menggunakan gadget di kamar tidur
?    Kelola stres dengan baik
?    Buatlah jadwal tidur yang tetap
So, yuk Healthy women, mulai perbaiki waktu tidur kamu, sudahkan mendapatkan kualitas terbaiknya?

 

Other Articles