Cara Simple Menjaga Kesehatan Mental

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

06 July 2021

Share artikel ini:

Girls, untuk meningkatkan kualitas hidup, kita nggak hanya harus fokus pada kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental. Karena, kesehatan mental yang baik akan mempengaruhi suasana hati dan pastinya membantu kita untuk bisa menikmati hidup.

Nah, bagi kamu yang merasa mudah mengalami stres atau gangguan kecemasan, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental. Yuk simak dan pelajari sama-sama!

1. Katakan hal positif pada diri sendiri


Girls, apa kamu pernah bicara pada diri sendiri? Bicara dengan diri sendiri seringkali dikaitkan dengan perilaku negatif. Padahal, berbicara pada diri sendiri memiliki dampak positif lho, apalagi jika kata-kata yang kita ucapkan juga positif.

Untuk itu, yuk mulai biasakan diri untuk menggunakan kata-kata positif saat berbicara pada diri sendiri agar diri kita bisa lebih optimis menghadapi hari.

2. Tulis hal-hal yang patut disyukuri


Perbanyak syukur mulai hari ini yuk, Girls! Soalnya, selain rasa syukur bisa membuat jiwa kita lebih tenang, bersyukur juga bisa meningkatkan kualitas kesehatan mental dan kebahagiaan kita.

Lalu gimana cara meningkatkan rasa syukur? Kita bisa mulai dengan membuat jurnal dan menuliskan berbagai hal yang patut kita syukuri setiap hari.

Secara tidak sadar kita akan diajak merenung dan menikmati hal-hal positif yang terjadi di dalam hidup kita. Jadi hidup kita bisa lebih tenang.

3. Fokus dengan satu hal dalam satu waktu


Menaruh fokus pada apa yang sedang dikerjakan saat ini dapat mencegah kita terbawa emosi negatif seperti beban masa lalu atau kekhawatiran pada hal yang belum terjadi.

Ingat ya Girls, usahakan untuk selalu fokus dengan satu hal dalam satu waktu saja. Jika pikiran mulai tidak fokus, coba tarik kembali perhatian pada sensasi fisik, bau, atau rasa dari pengalaman yang dapat membantu kamu untuk fokus kembali.

4. Olahraga


Girls, selain memiliki manfaat kesehatan bagi fisik, olahraga juga terbukti punya manfaat luar biasa untuk kesehatan mental.

Sebab saat olahraga, tubuh melepas endorfin yang membantu menyingkirkan stres dan meningkatkan suasana hati kita sesudah berolahraga. Itulah kenapa olahraga jadi cara ampuh penangkal stres, kecemasan, dan depresi.

Untuk dapat manfaatnya, lakukanlah olahraga setidaknya 30 menit setiap hari, dan coba lakukan di luar ruangan dengan sinar matahari yang juga dapat membantu tubuh meningkatkan serotonin dalam otak yang bisa bikin mood kamu jadi lebih baik.

Itulah beberapa cara sederhana untuk menjaga kesehatan mental. Jadi, kalau kamu ingin punya kesehatan mental yang baik, jangan lupa untuk terapkan cara-cara di atas ya, Girls. Semoga bermanfaat!


Sumber:

https://www.halodoc.com/artikel/9-cara-sederhana-menjaga-kesehatan-mental

https://www.idntimes.com/health/fitness/eka-amira/manfaat-dahsyat-olahraga-bagi-kesehatan-mental-c1c2/5

https://health.kompas.com/read/2020/10/11/090100068/10-cara-menjaga-kesehatan-mental?page=all

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/05/23/160000720/bicara-dengan-diri-sendiri-ternyata-bermanfaat-percaya?page=all

Other Articles