Bocor Pas Lagi Menstruasi? Sekarang Nggak Perlu Takut!

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

11 February 2022

Share artikel ini:

Photo by SHVETS production from Pexels

Kamu masih ingat nggak ketika pertama kali mengalami menstruasi? Saat itu mungkin kamu merasa takut, khawatir, atau malu harus membicarakan tentang darah yang baru saja kamu lihat keluar dari tubuhmu. Tapi, sayangnya sampai sekarang masih ada dari kita yang malu ketika menstruasi. Seperti, menyembunyikan pembalut saat ke kamar mandi atau meminta teman untuk cek apakah
tembus atau tidak.

Dilansir melalui New York Post, THINX melakukan polling pada 1.500 perempuan dan 500 laki-laki di Amerika Serikat. Ditemukan sebanyak 58% perempuan pernah merasa malu karena sedang mengalami menstruasi. Serta, 42% dari mereka pernah mengalami period-shaming atau diejek ketika menstruasi, terutama dari teman laki-lakinya.

Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa 44% laki-laki mengaku membuat lelucon atau mengomentari suasana hati pasangannya ketika sedang menstruasi. Di tempat kerja, 51% laki-laki menyebutkan bahwa tidak pantas topik menstruasi dibahas di tempat kerja.
 
Dengan berbagai respon tidak mengenakan itu, maka tidak heran 73% perempuan pernah menyembunyikan pembalut saat pergi ke toilet, 65% mengenakan pakaian khusus agar tidak tembus, dan 29% membatalkan rencana seperti berolahraga atau kegiatan lain yang bisa mengungkap fakta bahwa mereka sedang menstruasi.

Apa yang harus dilakukan saat tembus?
Perhatian orang lain saat kita lagi tembus, memang nggak enak. Tapi, tentunya kamu jangan panik dan khawatir. Kamu bisa minta bantuan orang lain untuk membantu hal tak terduga seperti ini. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan seperti mencuci noda dengan air dingin, memanfaatkan hand sanitizer, dan kamu juga bisa menggunakan garam untuk hilangkan noda.


Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Maka dari itu ketika kamu sedang menstruasi dan harus keluar rumah, kamu bisa memperhatikan beberapa tips berikut ini. Pertama, pasang pembalut dengan benar dan pilih pembalut yang sesuai kebutuhan kamu. Jika kamu sedang di hari pertama yang sedang deras-derasnya, sebaiknya gunakan pembalut yang daya serapnya tinggi dan lebih panjang. 
 
Jika memungkinkan, bawa ekstra pakaian dalam dan pembalut untuk mengatasi kebocoran saat kamu sedang beraktivitas. Jangan lupa juga untuk sering mengganti pembalut tiap 4-6 jam sekali agar tidak bocor dan membahayakan kesehatan kamu.
 
Let’s Break The Taboo!
Girls, untuk menghilangkan stigma negatif dari menstruasi harus dimulai dari kita. Kita tidak perlu malu dengan proses alami tubuh yang sedang terjadi. Karena pada kenyataannya, ketabuan topik menstruasi membuat informasi seputar menstruasi jadi terhambat diketahui oleh perempuan. 
 
Jadi, mulai sekarang jangan lagi sungkan untuk membicarakan topik menstruasi di depan umum ya, girls!  
 
Menurut kamu seberapa penting sih edukasi tentang menstruasi? Yuk, bagikan pendapat kamu dan ikut berdiskusi bersama teman-teman lainnya di Instagram @womenhealthypedia!

Other Articles